Posted on

4 Tips Ini Akan Membantu Anak Beradaptasi saat Masuk SD!

Kadang, enggak terasa si kecil yang tadinya masih riang bermain di TK sudah masuk SD. Tapi ternyata, banyak anak yang kesulitan loh untuk beradaptasi dari TK ke SD. Hari ini, yuk kita sama-sama bahas apa yang bisa kita lakukan untuk membantu anak beradaptasi masuk SD!

Cari Tahu Tentang Kegiatan di Sekolah

Female, Diary, Journal, Write, Beautiful, Inspire

Penting banget loh untuk orang tua tahu jadwal kegiatan si anak di sekolah, apalagi kalau mereka masih beradaptasi masuk SD. Banyak banget hal yang berbeda dari TK dan SD, dan salah satunya adalah absennya mainan di ruang kelas. Saat kita tahu jadwal dan kegiatan si anak di sekolah, nantinya kita sebagai orang tua bisa membuat agenda kegiatan yang bisa mereka lakukan di rumah, misalnya bermain bersama. Dengan membuat waktu bermain dilakukan sepulang sekolah, hal tersebut juga bisa membuat anak mengerti kalau mereka masih tetap bisa bermain, hanya saja baru bisa dilakukan saat mereka tiba di rumah.

Perhatikan Konsumsi Makanan si Kecil

Lunchbox, Lunch, Bread, Fruit

Waktu mereka belajar di sekolah saat masuk SD biasanya akan lebih lama jika dibandingkan saat mereka masih di TK. Karena itu, kita sebagai orang tua wajib mengatur asupan gizi anak saat mereka sedang dalam masa beradaptasi masuk SD. Selalu siapkan sarapan yang sehat dan bergizi, dan hindari makanan ringan yang tinggi gula. Hal ini karena saat anak mengkonsumsi gula, mereka akan menjadi sangat bersemangat, tapi semangat ini akan cepat hilang dan si kecil menjadi lemas. Seringkali kejadian ini disebut juga dengan sugar rush.

Buat Rutinitas Baru yang Sesuai Dengan Jadwal si Kecil

Calendar, Wall Calendar, Days, Date, Year, Time

Setelah kita mendapatkan jadwal kegiatan si kecil di sekolah, waktunya kita juga menerapkan hal tersebut bahkan saat mereka libur untuk membuat kebiasaan baru mereka. Bangunkan mereka di jam yang sama seperti saat mereka harus masuk sekolah, dan pastikan mereka mandi dan menyantap sarapan mereka di jam yang sudah ditentukan. Selanjutkan, cocokkan waktu makan siang dengan waktu anak beristirahat di sekolah. Semakin sering anak melakukan hal-hal tersebut, nanti mereka akan jadi terbiasa dengan sendirinya, dan akan membantu mereka beradaptasi masuk SD.

Perhatikan Jam Tidur si Kecil

Baby, Girl, Sleep, Child, Toddler, Portrait, Sweet

Kalau saat si kecil masih TK mereka suka tidur siang, saat mereka mulai masuk SD hal tersebut akan sedikit sulit untuk diakali. Tapi, bukan berarti mereka enggak bisa tidur siang loh! Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membiarkan mereka tidur saat tiba di rumah atau di jalan pulang jika kita menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, mereka enggak akan terlalu merasa lelah.

Untuk tidur malam, kita juga harus bisa lebih disiplin. Jam tidur anak di umur TK-SD adalah 8-10 jam sehari agar mereka enggak ngantuk dan konsentrasi mereka bisa terjaga di sekolah. Kita sempat membahas bagaimana cara melakukan hal ini di artikel yang lalu, jadi bisa langsung cek tips dan triknya.

Nah itu tadi 4 hal utama yang bisa kita lakukan untuk membantu anak beradaptasi saat masuk SD. Transisi dari TK ke SD seharusnya enggak jadi hal yang menyeramkan atau merepotkan, dan dengan adanya tips ini, semoga kita sama-sama bisa membantu anak beradaptasi dengan baik, ya!