Posted on

4 Tips Jitu Untuk Perbaiki Jam Tidur Anak

Siapa yang gara-gara Corona dan work for home, jam tidur anaknya menjadi berantakan? Tenang, kalian enggak sendirian kok. Meski begitu, kita tetap harus membuat anak-anak tidur di jamnya, loh! Soalnya kalau enggak, efeknya akan panjang dan anak akan benar-benar kesulitan untuk tidur di malam hari. Tapi enggak perlu khawatir, karena kali ini kita akan ngomongin bagaimana kita bisa set jam tidur anak seperti semula lagi! Yuk, langsung kita lihat caranya!

Cari Tahu Berapa Banyak Jam Tidur Anak yang Dibutuhkan

Baby, Boy, Son, Child, Infant, Kid, Cute, Little, Happy

Jam tidur anak berbeda-beda, tapi biasanya untuk mereka yang masih sekolah adalah 9 sampai 11 jam setiap malamnya. Pola tidur ini biasanya enggak akan berubah; anak yang biasa bangun pagi tetap akan bangun pagi mau semalam apapun mereka tidur, sementara anak-anak yang terbiasa tidur malam enggak akan tidur sampai mereka mau tidur. Nah, kalau kita sudah tahu hal-hal ini, kita bisa lebih mudah mengatur jadwal tidur untuk anak nantinya.

Buat Kebiasaan Sebelum Tidur

Brushing Teeth, Tooth, Zahnarztpraxis, Treat Teeth

Salah satu cara yang dianjurkan untuk memperbaiki jam tidur anak adalah dengan membuat rutinitas sebelum tidur. Hal ini amat efektif karena anak-anak amat membutuhkan struktur dan rutinitas yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada mereka. Biasanya, sebelum kita mulai rutinitas itu, kita bisa mulai dengan mematikan tv 30 menit sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya masuk dalam rutinitas anak sebelum tidur adalah:

  • Gosok gigi
  • Mandi
  • Mengenakan piyama
  • Membaca cerita

Tapi sebenarnya isi rutinitasnya enggak terlalu penting, yang penting bagi si kecil adalah konsistensinya, jadi mereka tahu kalau kita sudah mengajak mereka melakukan ini, waktunya mereka untuk tidur.

Yuk Bikin Kamar si Kecil Kondusif Untuk Tidur

Kids, Games, Pillow Fight, Family, Childhood, Happiness

Poin yang satu ini enggak kalah penting kalau kita mau mengembalikan jam tidur anak seperti biasa. Kamar si kecil harus diusahakan bisa membuat mereka nyaman untuk tidur: gelap, senyap, dan sejuk. Tapi kadang beberapa anak memang enggak bisa tidur kalau gelap, jadi enggak ada salahnya kita persiapkan lampu redup atau lampu malam. Begitu juga untuk mereka yang enggak bisa tidur kalau senyap. Kita bisa nyalakan kipas atau apapun yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian.

Oh iya, enggak lupa juga kita harus menjauhkan atau paling enggak mematikan alat-alat elektronik yang ada di kamar anak seperti TV, computer, konsel gim, atau bahkan ponsel. Kenapa? Soalnya alat-alat ini bisa mengeluarkan sinar yang mirip seperti sinar matahari dan bikin otak si kecil berpikir kalau hari masih pagi.

Ajak si Kecil Bergerak!

Child, Fun, Outdoors, Happiness, Leisure, Kids, Happy

Cara lain yang bisa kita pakai untuk membuat anak tertidur adalah dengan membuat mereka tetap aktif di siang hari. Banyak banget cara untuk kita melakukan ini, misalnya dengan cara olahraga atau bermain permainan yang memaksa mereka untuk tetap bergerak. Tapi ingat! Kalau kita mau mengajak anak untuk bermain, pastikan kita lakukan paling enggak 3 jam sebelum tidur. Kalau enggak, nanti anak malah terlalu semangat dan malah enggak bisa tidur.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki jam tidur anak, tapi ada hal lain yang enggak kalah penting. Kalau setelah kita lakukan hal-hal di atas dan si kecil masih enggak bisa tidur, ada kemungkinan mereka punya gangguan tidur. Kalau iya, enggak ada salahnya kita coba konsultasi ke dokter pilihan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *