Posted on

5 Tips Jitu Untuk Membentuk Karakter Anak

Orang tua mana yang enggak mau anak-anak mereka punya karakter yang kuat dan tetap rendah hati? Tapi ternyata, mengembangkan karakter anak ini enggak semudah itu loh! Bahkan banyak yang enggak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membantu si kecil. Tapi tenang! Kali ini, kita akan sama-sama bahas strategi-strategi yang bisa kita terapkan agar si kecil bisa tumbuh dengan karakter yang baik!

Ambil Hikmah dari Cerita

Old Books, Book, Old, Library, Education, Archive

Kalau anak kita termasuk tipe anak yang suka membaca atau suka dibacakan cerita, kita bisa bantu mengembangkan karakter anak dengan mengambil pesan-pesan dari berbagai cerita yang bisa kita bacakan ke mereka. Misalnya cerita tentang si kancil, atau bahkan mitologi-mitologi Yunani kuno seperti Icarus yang melawan perkataan ayahnya, atau tentang Raja Midas yang serakah. Ketika si kecil terbiasa mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut, mereka akan besar dengan mencoba menghindari hal-hal yang dilakukan karakter dari cerita-cerita tadi.

Jadilah Contoh yang Baik Untuk Mereka

Mother, Son, Mother And Son, Path, Water, Hands

Satu hal yang banyak orang sering lupa adalah anak akan mencontoh orang tua mereka. Jadi, kalau kita ingin si kecil menjadi seseorang dengan karakter yang kuat, kita juga harus mencontohkan hal-hal tersebut kepada mereka. Kalau kita mau anak kita menjadi seseorang yang jujur, maka kita juga harus jujur di depan mereka. Kalau kita mau anak kita mau menjadi seseorang yang bertanggung jawab, kita juga harus jadi seseorang yang bertanggung jawab. Hal ini harus kita lakukan terus menerus, hingga si kecil tumbuh dewasa.

Bangun Rasa Percaya Diri Mereka

 

Salah satu cara yang paling “mudah” untuk mengembangkan karakter anak adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Banyak banget cara untuk melakukan hal ini, tapi salah satunya adalah dengan mengajarkan mereka berbagai pengetahuan dan keterampilan. Anak-anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya akan cenderung menjauhi karakter-karakter negatif seperti berbohong atau serakah.

Pupuk Kebaikan dalam Diri Mereka

Baseball, Player, Running, Sport, Uniform, Field, Game

Salah satu karakter anak yang biasanya orang tua sangat ingin bisa dimiliki oleh anak mereka adalah kasih sayang. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memupuk kebaikan dan kasih sayang pada si kecil adalah dengan mendatangi panti asuhan dengan membawa makanan atau sumbangan, atau ikut serta dalam aktivitas bersih-bersih pantai atau taman. Tapi kita juga harus ingat untuk tetap memberi contoh tentang perbuatan baik di kehidupan sehari-hari seperti tersenyum saat menyapa orang lain.

Berikan Mereka Tanggung Jawab

Kid, Child, Boy, Mopping, Jeans, Wooden, Floor

Cara yang paling mudah untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak adalah dengan memberikan mereka tugas di rumah yang harus mereka lakukan. Hal-hal ini bisa terkait dengan apa yang mereka lakukan seperti mencuci piring mereka sendiri saat setelah makan, atau merapikan mainan mereka sendiri setelah selesai bermain.

Nah itu tadi 5 tips yang kalian bisa lakukan kalau kalian ingin membentuk karakter anak menjadi lebih baik di kemudian hari. Kira-kira kalian punya cara khusus enggak untuk mengembangkan karakter si kecil di rumah? Kalau ada, yuk bagi-bagi di Instagram kita!