Posted on

5 Tips Untuk Membantu Anak Belajar di Rumah

Pernah enggak kalian mengalami masa si kecil kesusahan saat belajar? Atau mungkin, nilai mereka di sekolah mulai turun? Kalau pernah, mungkin waktunya kita membantu anak belajar saat mereka di rumah! Tapi gimana sih cara yang benar untuk membantu mereka? Yuk, hari ini sama-sama kita lihat beberapa tips yang bisa kita contek dan praktekkan di rumah!

Buat Aktivitas Belajar Jadi Menyenangkan

Boys, Kids, Children, Happy, Sitting, Siblings

Salah satu alasan yang paling sering jadi sumber masalah yang membuat anak kesulitan saat belajar adalah mereka melihat proses belajar sebagai sesuatu yang membosankan dan enggak menarik, dan ketika anak merasakan hal tersebut, mereka akan susah buat mereka memproses pelajaran yang diberikan. Kalau kita mau membantu anak belajar di rumah, kita harus pintar-pintar membuat proses belajar ini jadi menyenangkan.

Ajak Anak Belajar Sambil Bermain

Crayons, Coloring Book, Coloring, Book, Colors

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Albert Einstein pernah berkata bahwa bentuk tertinggi dari riset adalah bermain. Saat kita bisa membuat permainan yang juga mendidik si kecil enggak akan sadar kalau mereka sedang belajar. Anak-anak yang sebelumnya sulit untuk belajar dan lebih memilih untuk main juga akan merespon cara ini dengan lebih baik.

Yuk Praktekkan Mata Pelajaran di Dunia Nyata!

Play, Park, Kid, Ku Shin, Child, The Park, Soap Bubbles

Cara lain untuk membantu anak belajar di rumah adalah dengan membuat mereka bisa mempraktekkan mata pelajaran tertentu di dunia nyata. Kalau kata Naomi Sani lewat bukunya “How to do Maths so Your Children Can Too, kita diajak untuk melakukan hitung-hitungan sederhana di rumah bersama si kecil, seperti misalnya menghitung koin atau membagi pizza. Untuk STEM, kita bisa juga melihat beberapa tutorial di YouTube seperti misalnya video membuat gunung api di bawah ini.

Ajarkan Anak Cara Beristirahat yang Baik

Sleeping, Baby, Child, Toddler, Cute, Sleep, Portrait

Salah satu hal yang penting untuk membantu anak belajar di rumah adalah mengajarkan mereka cara untuk beristirahat. Kita bisa saja menyuruh mereka beristirahat dan bersantai dengan menonton TV atau bermain game, tapi ternyata ada cara yang lebih efektif loh! Yoga dan meditasi. Kata Charlotta Martinus, seorang ahli yoga di Inggris, relaksasi lewat yoga dan meditasi ternyata punya pengaruh yang besar banget terhadap tingkat stress anak. Charlotta juga bilang kalau ternyata hal itu bisa meningkatkan kemampuan si kecil untuk belajar. Kalian bisa lihat cara mengajak anak untuk bermeditasi di link ini.

Berikan si Kecil Akses Internet yang Aman

Children, Study Of, Laptop, Vietnamese, Thailand, Enjoy

Internet adalah salah satu penemuan manusia yang terbaik. Dengan adanya internet, akses informasi ke bagian dunia yang manapun kini bisa diakses dengan beberapa klik saja. Tapi tentu saja, untuk memaksimalkan proses anak belajar, kita perlu memberikan akses yang aman ke Internet. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memastikan anak mempunyai akses yang aman?

  • Letakkan komputer di ruang tamu agar kita bisa mengawasi anak dengan lebih baik. Dengan begini, kita juga bisa lebih mudah membatasi waktu mereka menggunakan internet.
  • Pasangkan software pembatas di browser agar anak tidak membuka situs-situs yang malah membuat mereka tidak belajar. Salah satu yang cukup membantu adalah Limits yang bisa membatasi waktu anak untuk membuka situs-situs yang mengganggu produktivitas mereka.

 

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa kita lakukan untuk membantu anak belajar di rumah. Kira-kira mana yang akan kalian praktekkan dalam waktu dekat ini? Atau malah kalian punya cara sendiri? Yuk bagi-bagi tips di Instagram kita!