Posted on

Apa Sih Arti Keluarga? Yuk Kita Lihat Artinya Menurut Masyarakat Kuno dan Modern!

Bagi kita, konsep keluarga bukan sesuatu yang membingungkan; yang bisa kita sebut keluarga adalah orang-orang yang punya ikatan darah seperti kita, misalnya orang tua atau saudara kandung. Tapi kalian tahu enggak sih, kalau arti keluarga enggak cuma itu? Nah, kali ini, sambil menunggu hari keluarga, yuk kita lihat arti-arti lain yang bisa dimiliki oleh “keluarga”!

Arti Keluarga di Yunani Kuno

Acropolis, Athens, Greece, Ancient, Greek, Architecture

Kalian tahu enggak sih kalau kata family atau keluarga itu berasal dari bahasa Latin familia? Tapi sayangnya, arti keluarga di bahasa itu enggak seperti keluarga yang kita tahu, loh! Kalau menurut Richard Saller, familia enggak pernah merujuk ke konsep “keluarga”, tapi lebih merujuk ke arah budak. Tapi bukan berarti era itu enggak kenal konsep keluarga, karena mereka punya kata sediri, yaitu domus yang bisa diartikan “orang-orang di dalam rumah.”

Arti keluarga di Yunani kuno juga dipegang teguh banget loh! Banyak banget mitos-mitos mereka yang membahas tentang pentingnya keluarga, dan tentang gimana enggak ada yang lebih besar dosanya dibanding mengkhianati keluarga sendiri. Bahkan, mereka percaya kalau keluarga harus selalu dilindungi enggak peduli kondisinya bagaimana; kalau kita memilih buat enggak peduli dengan keluarga kita, para Dewa Yunani akan dengan senang hati mengutuk kita.

Arti Keluarga di Masyarakat

Girl, Father, Portrait, Eyes, People, Child, Kid

Kalau secara harafiah, banyak banget arti keluarga yang berbeda-beda tergantung kamus mana yang kita pakai. Tapi, secara umum, keluarga berarti kelompok orang yang punya hubungan darah atau terikat dalam hubungan lain (seperti pernikahan atau yang lainnya). Tujuannya apa? Tujuan adanya keluarga sebenarnya agar masyarakat bisa jadi lebih baik. Harapannya adalah keluarga bisa memberikan keamanan dan kepastian buat seluruh anggota keluarganya.

Siapa Saja yang Bisa Jadi Anggota Keluarga?

Family, Mom And Daughter, Baby, Girl, Mother, Outdoors

Arti keluarga di era modern juga mulai berubah. Kalau sebelumnya adalah kelompok orang di komunitas yang terdiri dari 2 orang tua dan anak-anak mereka, sekarang lebih menjurus kepada “2 atau lebih orang yang berbagi tujuan dan pandangan, dan memiliki komitmen panjang satu sama lainnya.” Karena maknanya berubah, konsep keluarga di era modern juga ikut berubah.

Kalau secara tradisional sih, yang bisa dianggap keluarga adalah ayah, ibu, dan anak-anak. Sampai beberapa tahun lalu, konsep keluarga tradisional yang sering muncul di TV atau film adalah yang seperti ini. Tapi, seiring berubahnya era, konsep keluarga juga berubah. Mulai banyak anak-anak yang hanya punya ibu atau ayah, atau bahkan mereka dibesarkan oleh kakek dan nenek mereka. Bahkan, beberapa keluarga memilih buat enggak punya anak sama sekali.

Child, Dog, Pet, Dress, Girl, Golden Retriever, Grass

Dengan berubahnya arti keluarga, orang-orang yang bisa jadi anggota keluarga juga jadi berubah. Bisa saja kita anggap orang-orang yang tinggal satu rumah dengan kita meskipun enggak punya hubungan darah sebagai keluarga. Bahkan beberapa orang mulai menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anggota keluarga loh! Mungkin kedengaran enggak masuk akal, tapi kalau dipikir-pikir lagi, hewan peliharaan kan harus dirawat juga sampai mereka dewasa.

Nah, dengan berubahnya arti keluarga ke arah yang lebih luas, sekarang konsep keluarga bisa kita definisikan sendiri kok. Bahkan, kita enggak terbatas cuma punya 1 keluarga. Kalau misalnya kita punya teman main yang sering habiskan waktu bersama, mereka juga bisa kita anggap keluarga, loh! Jadi, waktunya kita tentukan sendiri apa artinya “keluarga” untuk kita sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *