Posted on

Bingung Cari Bahan Diskusi Keluarga? Ini Beberapa Tips Dari Kami yang Bisa Kalian Contek!

Sebentar lagi, tepatnya di tanggal 15 Mei nanti, kita akan merayakan Hari Keluarga Internasional. Karena karantina dan virus corona yang sedang marak kali ini, sayangnya kita harus merayakan hari tersebut terkurung di rumah kita sendiri. Tapi, hal itu enggak harus jadi hal yang buruk loh! Dengan kita ada di rumah, kita bisa mempererat hubungan keluarga dan melakukan beberapa diskusi keluarga di rumah! Hari ini, yuk kita coba bahas apa saja yang bisa dibicarakan saat kita berdiskusi!

Kesehatan Keluarga

Physiotherapy, Weight Training, Dumbbell

Salah satu bahan diskusi keluarga yang paling oke terutama di saat karantina begini adalah soal kesehatan. Karena kita dianjurkan buat enggak keluar rumah, aktivitas olahraga jadi susah banget dilakukan kalau kita terbiasa jogging atau pergi ke gym. Nah, lewat diskusi ini, kalian harusnya jadi bisa ngobrolin tentang apa yang bakal kalian lakukan. Sebenarnya, cukup banyak loh aktivitas olahraga yang bisa jadi pengganti—bahkan ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kalian berolahraga di rumah, beberapa di antaranya adalah:

Ide Makanan

Waffle Heart, Waffles, Icing Sugar, Pastries, Eat, Bake

Berhubung kita juga sedang melaksanakan puasa, ide makanan untuk berbuka maupun sahur akan selalu jadi bahan diskusi keluarga yang cukup panas. Diskusi tentang makanan ini bisa dilihat dari berbagai sisi, mulai dari jenis makanan yang dimau, bahan dasarnya, atau bahkan manfaatnya buat tubuh kita. Nah, kebetulan juga, kami sempat ngomongin tentang beberapa resep yang cukup oke dan bisa kalian coba saat karantina ini, resep-resepnya adalah:

Persekolahan dan Pekerjaan

Writing, Write, Person, Paperwork, Paper, Notebook

Selama masa karantina dan PSBB ini, aktivitas sekolah dan pekerjaan dipindah menjadi dilakukan dari rumah. Nah, mungkin kita bisa juga menjadikan hal-hal tersebut sebagai bahan diskusi keluarga yang cukup asik dan menarik. Apalagi kalau kita sering bikin fail yang cukup parah, seperti yang terjadi ke salah satu reporter yang bekerja untuk ABC, di mana dia lupa menggunakan celana saat mengadakan panggilan video lewat ZOOM, dan menjadi perbincangan di internet selama beberapa waktu yang lalu. Meski begitu, reporter tersebut menyadari kesalahannya dan sekarang malah memberi tips terkait etika saat bekerja dari rumah.

Bersantai

Chess, Chessboard, Strategy, Figure, Game, Play

Untuk bahan diskusi keluarga yang terakhir, adalah cara bersantai. Karena kalian sedang di rumah, seharusnya kalian bisa mencari waktu buat berkumpul bersama dan melakukan aktivitas bersantai bersama-sama. Banyak yang bisa kalian lakukan, mulai dari bermain board game, atau menyalakan konsol game dan bermain party game bersama-sama! Tapi pastikan kalau kalian bisa melakukan hal bersama-sama, agar hubungan kalian sebagai keluarga bisa menjadi semakin kuat.

 

Nah, itu tadi 4 bahan diskusi keluarga yang bisa jadi perbincangan cukup panjang dan asik di sela-sela karantina ini. Harapannya, pembicaraan-pembicaraan di atas bisa jadi cara kita untuk mempererat hubungan dengan keluarga di masa sulit ini, mengingat kita tidak bisa bergantung kepada siapa-siapa kecuali kepada keluarga kita yang terdekat.