Posted on

Yuk Ajak Anak Kita Belajar Menjadi Jurnalis Dengan Aktivitas-Aktivitas Seru Ini!

Mungkin banyak yang belum tahu kalau hari ini, tanggal 3 Mei, juga diperingati sebagai hari kebebasan pers dunia loh! Apakah anak kalian ada yang tertarik untuk menjadi jurnalis? Kalau ada, mungkin hari ini bisa jadi hari pertama mereka untuk belajar menjadi jurnalis, karena hari ini kami akan memberi beberapa aktivitas yang bisa mereka lakukan untuk berlatih menulis berita!

DIY Newspaper

Lewat aktivitas unik yang disediakan oleh Deceptively Educational, kita bisa mengajak anak kita untuk belajar menjadi jurnalis dengan cara membuat koran mereka sendiri! Lewat printable yang mereka sediakan, anak kita bisa membuat headline berita mereka sendiri lengkap dengan gambar utama dan kolom untuk tulisan. Bukan cuma itu, tapi mereka juga bisa membuat ramalan cuaca mereka sendiri sesuai imajinasi! Sebagai alternatif, Crayola juga menyediakan printable yang serupa tapi tak sama, dan bisa diunduh di sini.

5W1H Poster

"WH" Posters

Saat anak kita ingin belajar menjadi jurnalis, mereka juga perlu belajar tentang dasar-dasar yang dibutuhkan sebagai jurnalis, dan pengetahuan tentang 5W1H adalah pengetahuan yang paling dasar. Lewat printable yang disediakan oleh Teachers Pay Teachers ini, anak-anak kita dapat belajar tentang 5W1H dengan mudah!

Family Newspaper

Kalau Deceptively Educational mengajak anak kita untuk belajar menjadi jurnalis dengan membuat koran sendiri, Imagination Soup akan menantang sekeluarga untuk bekerjasama dan membuat koran keluarga! Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan aktivitas unik ini adalah pengetahuan akan bagian-bagian dari koran, seperti:

  • Komik
  • Berita Terkini
  • Ulasan Film
  • Iklan
  • Informasi
  • Surat Pembaca

Setelah berhasil mengetahui bagian-bagian dari koran, setiap anggota keluarga memilih bagian mana yang akan mereka buat, lalu semuanya bekerjasama untuk membuat 1 koran keluarga dengan macam-macam topik di dalamnya. Sebagai contoh dari Imagination Soup, salah satu anak mereka ada yang membuat komik, dan yang lainnya membuat ulasan.

Investigasi Saat Liburan!

Sherlock Holmes, Brexit, London, Investigation

Ide aktivitas untuk anak agar mereka dapat belajar menjadi jurnalis ini muncul dari Simply Real Moms. Di dalam blognya, ia menuliskan sebuah ide agar anak kita dapat belajar membuat artikel investigasi mereka sendiri! Aktivitas ini dapat membantu anak anda untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Meski begitu, melakukan investigasi di saat karantina seperti ini amat sulit dilakukan, belum lagi ancaman penyakit yang juga turut serta. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa mengajak anak kita belajar menjadi jurnalis! Saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan anak kepada kepada kolega-kolega kita. Beberapa hal yang mungkin harus kita lakukan adalah:

  • Membuat daftar nama kolega dan bidang kerja mereka
  • Bertanya kepada anak kita tentang siapa yang ingin mereka wawancara
  • Membuat daftar pertanyaan untuk diberikan kepada narasumber atau kolega kita

Setelah tiga langkah dasar tersebut selesai kita lakukan, langkah berikutnya dan yang paling penting adalah membuat janji dengan kolega kita tersebut, lalu saat harinya tiba kita bisa berkomunikasi dengan mereka menggunakan aplikasi-aplikasi panggilan video. Tapi ingat, biarkan anak kita yang bertanya kepada narasumber mereka!

Setelah anak kita menyelesaikan wawancaranya, yang tersisa hanya membuatnya hasil wawancaranya menjadi halaman koran! Hal ini dapat dilakukan menggunakan cara yang pertama ditulis di artikel ini atau secara manual. Saat sudah selesai, selamat! Anak anda telah berhasil menjalani aktivitas belajar menjadi jurnalis di akhir pekan!