Posted on

Buat yang Belum Tahu Cara Bikin Ketupat, Enggak Usah Khawatir, Ini Dia Caranya!

Wah enggak kerasa ya, besok kita akan merayakan Idul Fitri. Gimana puasa kalian selama satu bulan ini? Ada bolong atau enggak? Kalau memang ada bolong, harus diganti loh ya nanti! Tapi itu nanti, untuk sekarang, yuk kita sama-sama bikin ketupat di rumah mumpung kita punya banyak waktu karena karantina!

Apa Aja yang Dibutuhin Untuk Bikin Ketupat?

ketupat
FreeImages.com/elyanna samsudin

Sebenarnya kalau kita mau bikin ketupat di rumah, enggak banyak yang perlu kita siapkan loh. Yang paling penting tentu saja bungkus ketupatnya. Kalau kalian enggak sempat atau enggak bisa keluar buat beli di pasar, kalian bisa cari bungkus ketupat ini di toko-toko online dengan harga yang cukup terjangkau juga.

Kalau kalian sudah dapat bungkus ketupatnya, yang harus kalian siapkan setelahnya adalah beras! Untuk berapa banyak berasnya, itu terserah kalian, tapi kira-kira hitungannya kalian akan butuh kurang lebih 6 sendok makan beras untuk buat 1 ketupat. Nah, kalau semua bahannya sudah siap, kalian bisa mulai bikin ketupat!

Gimana Cara Bikin Ketupat?

Ketupat
FreeImages.com/Haszlee Safuan

Cara bikin ketupat ternyata enggak sesusah itu loh. Pertama-tama, kita ambil bungkus ketupat yang sudah kita siapkan, dan isi beras ke dalamnya. Sebelumnya kita sudah bilang kalau untuk 1 ketupat, kita butuh kurang lebih 6 sendok makan, tapi semuanya tergantung kita maunya sebanyak apa.

Kalau kita sudah isi beberapa ketupat, kita tinggal masak ketupatnya. Kita bisa masukkan ketupat-ketupat yang sudah kita buat dalam posisi berdiri, dan tuang air sampai semua ketupat terendam. Kalau sudah, kita bisa mulai nyalakan api besar dan tunggu sampai pancinya berbunyi. Kalau sudah begitu, kecilkan apinya dan tunggu beberapa saat.

Tapi ternyata beberapa orang punya cara lain untuk bikin ketupat, dan mereka memilih untuk pakai penanak nasi. Untuk cara yang kedua ini sedikit lebih susah, karena kita nanti harus menunggu sampai nasinya matang, baru kita bungkus dengan bungkus ketupatnya.

Kira-Kira Apa yang Enak Buat Menemani Ketupat?

Goat Satay, Satay, Sate, Cuisine, Traditional, Meat

Sebenarnya setelah kita bikin ketupat, semuanya sudah selesai karena pada dasarnya ketupat enggak ada bedanya dengan nasi biasa. Kita bisa pakai lauk apa saja untuk makan ketupat, tapi biasanya untuk Idul Fitri, banyak orang yang membuat opor ayam. Kalian bisa lihat salah satu resepnya di sini.

Kalau kalian enggak terlalu suka makanan berkuah, mungkin kalian bisa coba bikin sate ayam yang jauh lebih gampang untuk dibikin. Kalian cuma perlu potongan-potongan ayam dan tusuk sate, lalu oles bumbu dan bakar di atas api. Kalau mau, kalian juga bisa bikin bumbu kacang sendiri, tapi kalau enggak mau repot kalian cukup tambahkan kecap, potongan bawang, dan potongan cabai.

 

Nah itu tadi cara yang bisa kita lakukan untuk bikin ketupat. Di Idul Fitri tahun ini, kalian bikin lauk apa untuk jadi temannya ketupat? Yuk bagi-bagi foto makanan Idul Fitri kalian lewat Instagram kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *