Posted on

Siapa Bilang Memilih Baju Untuk Didonasikan Enggak Seru? Pasti Belum Coba Cara yang Ini, Kan?

Kemarin, kita sempat bahas beberapa trik beberes rumah saat karantina dari Andrew Mellen, ahli beberesnya Hell’s Kitchen. Nah, hari ini agak sedikit berbeda, meskipun temanya masih sama-sama beberes. Kali ini, fokus kita adalah untuk beberes lemari dan mendonasikan baju yang enggak lagi terpakai, tapi dengan cara asik! Yuk, kita cek gimana cara memilih baju untuk didonasikan!

Berberes Lemari

Fashion, Clothing, Shop, Clothes, Dress, Style, Female

Sebelum kita mulai memilih baju untuk didonasikan, kita harus lihat dulu ada berapa banyak baju-baju yang ada di lemari kita. Kalau mau lebih enak saat memilih-milih baju yang akan kita simpan, mungkin lebih baik kalau kita urutkan bajunya sesuai jenis. Misalnya, kita buat tumpukan yang berbeda-beda; baju lengan pendek, baju lengan panjang, kemeja pendek, kemeja panjang, dan lain-lain.

Pilih Baju-Baju yang Masih Dipakai

Booties, Baby, Girl, Clothes, Pink, Tiny, Nursery

Langkah berikutnya saat kita memilih baju untuk didonasikan, kita bisa membuat tumpukan baru dari tumpukan sebelumnya. Dari tiap jenis baju, pilih baju-baju yang belakangan ini sering kita pakai (paling tidak sekitar 1 sampai 2 bulan terakhir). Nantinya, tumpukan baru ini akan jadi baju-baju yang pasti kita simpan. Setelah kita selesai, kita akan punya 2 tumpukan baju: baju yang sering kita pakai dan baju yang sudah jarang kita pakai.

Batasi Jumlah Baju yang Akan Disimpan

Jeans, Pants, Trouser Buttons, Clothing, Blue Jeans

Bagian yang satu ini pasti akan jadi yang paling susah, karena kalau kita ikuti kemauan kita, pasti mau simpan semuanya. Tapi kalau kita simpan semuanya, kita enggak akan bisa berberes lemari kita, loh! Nah, biar kita bisa punya lemari baju yang lebih rapi, kita perlu membatasi jumlah baju yang mau kita simpan. Kalau sudah, kita bisa jalan ke langkah selanjutnya!

Mix and Match Baju yang Enggak Terpakai

Fashion, Shirt, Shoes, Clothes, Assortment, Camera

Sekarang kalian punya tumpukan baju yang jarang dipakai dan sudah menentukan berapa banyak yang mau kalian simpan. Tapi gimana caranya buat pilih mana yang mau disimpan dan memilih baju untuk didonasikan? Gampang! Kita bisa coba mix and match dan lihat mana yang masih terlihat cocok untuk kita pakai. Atau kalau mau lebih seru, kita bisa buat fashion show pakai kombinasi baju yang jarang dipakai!

Cara yang paling gampang untuk buat fashion show ini adalah dengan pilih kombinasi baju, dan tunjukkan ke keluarga kita yang lain. Nanti, mereka bisa kasih penilaian tentang pilihan kombinasi baju kita. Setelah kita coba semua, nanti kita bisa lihat nilai yang mereka berikan, dan dari sana kita bisa pilih mana baju yang mau kita simpan.

Cari Informasi Tentang Institusi yang Menerima Donasi Baju

Feeling, Love, Heart, Donation, Donate, Gratitude

Kan kita sudah tahu nih baju-baju mana yang mau kita simpan dan mana yang kita sudah enggak pakai lagi, berikutnya kita tinggal cari tempat yang mau menerima donasi baju-baju yang enggak terpakai lagi. Beberapa yang kami temukan adalah:

Di tiga profil instagram tadi, kita bisa memilih mana yang kira-kira cocok atau paling dekat dengan kita. Jadi, jangan malu-malu untuk tanya-tanya langsung ke profil Instagram mereka, ya!

 

Nah, itu tadi cara simpel dan seru kalau kita mau memilih baju untuk didonasikan. Tapi satu hal yang harus kalian ingat, di masa pandemi begini, mungkin agak susah mencari institusi yang mau menerima donasi. Kalau memang begitu, enggak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu sampai aturan PSBB diangkat dari pemerintah pusat. Sabar, ya!