Posted on

Ini Dia Beberapa Fakta Lebah yang Mungkin Orang Enggak Akan Tahu!

Beberapa waktu lalu kita sempat ngomongin tentang madu manuka dan manfaatnya untuk tubuh kita, dan kita pasti udah tahu kalau madu dibuat oleh kawanan lebah. Tapi kalian tahu enggak berapa banyak madu yang bisa dibuat sama 1 lebah? Kalau enggak tahu, bagus deh! Kali ini, kita bakal bahas beberapa fakta lebah yang mungkin enggak banyak orang yang tahu!

Fakta Lebah Pekerja

Pasture, Palm Kitten, Bee, Willow Catkin

Fakta lebah yang mungkin enggak banyak orang tahu adalah kalau semua lebah pekerja itu perempuan! Tapi enggak semua lebah perempuan bisa jadi lebah pekerja loh. Cuma mereka yang enggak bisa bereproduksi aja.

Pekerjaan yang harus dilakukan lebah pekerja ternyata banyak loh, enggak cuma untuk mengambil madu aja. Mereka juga harus membersihkan sarang mereka, memberi makan ratu lebahnya, dan mengumpulkan madu. Banyak banget kan? Karena kerja mereka berat banget, biasanya umur mereka juga cuma 6 minggu.

Fakta lebah yang berikutnya cukup bikin sedih sih, karena umur mereka yang cuma 6 minggu, satu lebah cuma bisa membuat 5 gram madu. Kalau misalnya mereka bisa hidup lebih panjang, mereka harus keliling dunia 3x, baru mereka bisa membuat 1 kilogram madu.

Siapa Ratu Lebahnya?

Queen Bee, Bees, Beekeeping, Honey Bees, Honeycomb

Fakta lebah yang akan kita bahas berikutnya akan berkutat di ratu lebah, yang ternyata dipilih oleh para lebah pekerjanya loh! Saat mereka sudah merasa butuh ratu baru, mereka akan memberi makan larva yang terpilih dengan royal jelly sampai akhir masa hidupnya, sekitar 4 tahun.

Tugasnya ratu lebah cuma 1: menelurkan telur-telur lebah baru. Tapi ini bukan pekerjaan yang enteng loh ya. Dalam satu hari, seekor ratu lebah harus bisa bertelur dalam jumlah yang banyak banget. Paling banyak, mereka bisa menelurkan 2000 telur lebah tiap harinya.

Oh iya, kalau di peternakan lebah, biasanya ratu lebah ini akan dikasih tanda loh agar lebih mudah diketahui!

Lebah Jantan Ngapain?

Honey Bees, Drone, Hatching, Male Bee, Beehive, Honey

Kita udah bahas tentang lebah pekerja dan ratu lebah, tapi gimana dengan lebah jantan? Mereka kerjanya apa? Bentuknya gimana?

Lebah jantan mungkin lebih gampang dicirikan, soalnya matanya jauh lebih besar dibanding lebah yang lain. Badannya juga lebih besar kalau dibanding lebah pekerja, tapi enggak lebih besar dari ratu lebah. Kita yang takut disengat lebah juga enggak perlu takut, soalnya lebah jantan enggak bisa menyengat.

Untuk kerjanya, lebah jantan cuma punya satu tugas: berhubungan sama ratu lebah dan membuat telur-telur baru. Selama hidupnya, lebah jantan bakal dikasih makan sama lebah pekerja, dan semua kebutuhannya bakal dipenuhi. Tapi, enggak semua lebah jantan bakal bekerja, karena ratu lebah cukup perlu berhubungan sekali.

Umur lebah jantan biasanya sekitar 8 minggu, tapi kalau sedang musim dingin, biasanya lebah-lebah jantan ini bakal ditendang keluar dari sarang oleh lebah-lebah pekerja karena makanan enggak akan cukup. Kalau mereka ditendang, hidup mereka bisa lebih pendek lagi.

 

Nah itu tadi beberapa fakta lebah yang mungkin banyak orang enggak tahu. Lebah itu unik, soalnya mereka satu-satunya hewan sosial yang sudah didomestikasi sebagian oleh manusia. Setiap anggota mereka di sarang punya tujuan sendiri-sendiri, dan mereka enggak akan rebutan tugas. Hebat juga ya, mereka!