Posted on

Gimana Ya Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Mereka Kembali ke Sekolah?

Meskipun ada rencana untuk membuka kembali sekolah di Tahun Ajaran Baru bulan Juli nanti, kita tetap harus waspada dengan virus Corona karena ahli di WHO mengingatkan ada kemungkinan virus ini enggak akan hilang. Karena itu, penting banget kita bisa menjaga kesehatan anak di saat mereka kembali ke sekolah nanti! Kira-kira gimana ya caranya?

Gunakan Peralatan Kesehatan yang Cukup

Corona, Coronavirus, Mask, Protection, Eye, Green Eye

Sesuai instruksi WHO, salah satu cara kita bisa menjaga kesehatan anak adalah dengan menggunakan peralatan kesehatan yang cukup saat mereka kembali ke sekolah. Ini berarti mereka harus ke sekolah dengan selalu menggunakan masker, dan kalau perlu membawa beberapa masker cadangan. Ini pasti akan mengubah cara beraktivitas mereka di sekolah, tapi ini adalah normal yang baru, yang harus dipatuhi oleh semua orang.

Tetap Menjalankan Pembatasan Sosial

Social Distancing, Virus, Distance, Disease, Infection

Menurut CDC, kita harus menjaga jarak paling enggak sekitar 2 meter dari satu sama lain. Sebisa mungkin kita sebagai orang tua juga harus mengkomunikasikan hal ini kepada pihak sekolah agar mereka juga bisa menyediakan ruang belajar yang memadai untuk mencegah penularan virus Corona dan menjaga kesehatan anak selama proses belajar di sekolah.

Awasi Makanan Anak!

Salad, Fruits, Berries, Healthy, Vitamins, Fresh, Food

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan kalau kita mau menjaga kesehatan anak saat mereka kembali ke sekolah adalah sarapan yang sehat. Beberapa riset bilang kalau anak-anak yang mengkonsumsi sarapan sehat tiap pagi punya energi lebih enggak buat bermain sepanjang hari. Tapi enggak cuma itu loh! Ternyata, anak-anak yang makan sarapan sehat sebelum sekolah akan bisa lebih menyerap pelajaran dan bisa lebih fokus di kelas.

Jangan Lupa Minum Air, Ya!

Bottle, Mineral Water, Bottle Of Water, Drinking Water

Kita sering banget dengar kalau tubuh manusia 70%-nya adalah air, dan hal ini memang benar. Karena hal itu juga, kita disarankan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Salah satu cara untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum air, dan hal itu juga yang harus dilakukan si kecil agar mereka bisa tetap atentif dan fokus di kelas. Nah, salah satu cara kita bisa melakukan ini adalah dengan membawa botol minum mereka sendiri dari rumah yang sudah berisi air mineral.

Jaga Si Kecil Tetap Aktif

Trampoline, Girl, Play, Jump, Fun, Activity, Child

Tapi semua di atas enggak cukup loh untuk menjaga kesehatan anak. Kalau kita mau si kecil tetap sehat, kita wajib membuat mereka aktif paling enggak selama 60 menit tiap harinya. Aktivitas ini bisa macam-macam mulai dari kejar-kejaran, berenang, menari, atau hal-hal lain yang tetap bisa membuat detak jantung mereka naik.

Kira-kira itu tadi 5 hal yang harus kita perhatikan untuk menjaga kesehatan akan saat mereka kembali ke sekolah di bulan Juli nanti. Saat sarapan, pastikan juga kita memberi mereka madu, soalnya madu dipercaya bisa meningkatkan daya imun tubuh manusia.