Posted on

Hati-Hati! Ini Arti Kamar Berantakan Menurut Psikologi!

Kadang kita memang suka malas bersih-bersih, apalagi bersih-bersih kamar sendiri. Rasanya sudah nyaman dengan kondisi yang sekarang, buat apa harus dibersihkan, ya enggak? Tapi ternyata, kamar yang berantakan punya arti yang lebih dalam loh. Yuk kita sama-sama lihat arti kamar berantakan menurut psikologi!

Mencapai Masa Pubertas

Sunflower, Girl, Face, Sun, Summer, Heat, Skin, Hair

Salah satu arti kamar berantakan menurut psikologi adalah ketika seseorang baru mencapai masa puber. Di kondisi ini, mereka belum jadi dewasa tapi juga enggak mau dianggap anak-anak, dan mereka enggak tahu apa yang harus dilakukan atau apa yang menunggu mereka, dan jadinya mereka kebingungan. Karena mereka bingung, kondisi kamar mereka juga ikut bingung. Kalau kita punya anak yang sedang atau baru masuk masa puber, coba kita bantu mereka dengan dorongan moral

Depresi dan Gangguan Mental Lain

Window View, Sitting, Indoors, Girl, Woman, Female

Menurut sebuah artikel yang ditulis di VeryWell Mind dan sudah di-review secara medis oleh dokter mereka, salah satu arti kamar berantakan adalah orang tersebut mungkin sedang dalam masa depresi. Tanda-tanda ini semakin kuat kalau biasanya orang yang tinggal di ruangan tersebut biasanya rapih dan tertata. Hal ini bisa terjadi karena saat orang sedang depresi, mereka merasa terlalu lelah untuk melakukan hal-hal rutin.

Sedang Merasa Kewalahan

Kids, Cry, People, Crying, Children, Tears, Child, Boy

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, salah satu arti kamar berantakan adalah biasanya orang tersebut sedang kewalahan menghadapi banyak hal. Mungkin bisa dari sisi pekerjaan, sekolah, atau bahkan hubungan dengan teman-teman mereka. Kalau ini yang terjadi, biasanya nanti mereka akan mulai membersihkan kamar ketika mereka enggak lagi kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Cuma Preferensi Pribadi

Repair, Old, Globus, A Mess, School, Building, Grinder

Tapi malah bisa juga arti kamar berantakan lebih simpel dari itu semua: preferensi pribadi. Orang-orang dengan personalitas tipe B biasanya memang lebih cocok bekerja di kondisi kamar yang berantakan. Salah satu contohnya adalah seorang psikoanalis terkenal, Sigmund Freud, yang katanya melarang orang-orang untuk membersihkan ruangan kerjanya karena dia tahu di mana tempat barang-barang yang dia butuhkan.

 

Itu tadi beberapa arti kamar berantakan berdasarkan psikologi. Kamar yang berantakan memang bisa menjadi tanda sesuatu, tapi bisa juga itu cuma preferensi pribadi. Setiap orang harus berani bertanya pada diri sendiri, kenapa kamar mereka berantakan? Apakah cuma malas? Memang preferensi pribadi mereka? Atau jangan-jangan, memang ada sesuatu yang lebih dari itu? Karena pada akhirnya, cuma kita sendiri yang bisa menemukan jawabannya.