Posted on

Idul Fitri Saat Karantina? Enggak Jadi Masalah! Ini Beberapa Hal yang Bisa Kalian Lakukan di Rumah!

Idul Fitri tahun ini jelas enggak akan sama kalau dibanding tahun-tahun sebelumnya, apalagi dengan adanya larangan untuk mudik dari pemerintah pusat. Mudik sendiri sudah jadi tradisi Idul Fitri di Indonesia, jadi mungkin kita agak bingung juga harus apa. Nah, kali ini yuk kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan di Idul Fitri saat karantina ini.

Sholat Ied di Rumah

Eid Al-Fitr: Prayer and Celebrations

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan saat Idul Fitri adalah untuk melakukan sholat Idul Fitri yang menandakan berakhirnya bulan Ramadhan. Tapi ketika kita merayakan Idul Fitri saat karantina begini, apa yang harus dilakukan? Kalau menurut mufti di Arab Saudi, kita boleh kok melakukan sholat Ied di rumah selama masa karantina ini masih berjalan. Tata cara untuk melakukan sholat ini di rumah adalah:

  • Membaca niat shalat idul fitri: Ushalli sunnatan li idil fitri rak’ataini mustaqbilal qiblati ad’an lillahi ta’ala
  • Melakukan takbiratul ihram seperti shalat biasa. Disunahkan takbir lagi hingga 7x di rakaat pertama. Di sela-sela takbir, disunahkan membaca: allahuakbar kabira wal hamdulillahi kastsira wa subhanallahi bukrataw wa’asila.
  • Membaca surat al-Fatihah dan satu surat lainnya, lalu ruku’ dan lanjut seterusnya seperti sholat biasa hingga berdiri lagi.
  • Melakukan takbiratul ihram seperti shalat biasa. Disunahkan takbir lagi hingga 5x di rakaat kedua. Di sela-sela takbir, disunahkan membaca: allahuakbar kabira wal hamdulillahi kastsira wa subhanallahi bukrataw wa’asila.
  • Membaca surat al-Fatihah dan satu surat lainnya, lalu ruku’ dan lanjut seterusnya hingga salam.
  • Jika kita sholat berjamaah bersama anggota keluarga, maka disarankan untuk melakukan khutbah idul fitri, tapi jika kita sendiri kita bisa langsung menyantap makanan yang sudah tersedia.

Mendo’akan yang Sudah Wafat dari Rumah

Quran, Ramadhan, Muslim, Islamic, Religious, Mubarak

Setiap tahun, biasanya umat Muslim Indonesia akan mampir ke makam orang-orang yang telah duluan wafat, tapi tahun ini enggak bisa. Karena batasan-batasan tersebut, meskipun kita terpaksa menyelenggarakan Idul Fitri saat Karantina, kita bisa tetap berdoa dari rumah. Karena saat mendoakan mereka, yang terpenting adalah niatnya.

Video Call

Girl, Young, Board, Phone, Mobile, Café, Smile, Coffee

Idul Fitri saat karantina begini memang bikin pusing. Biasanya, kita bisa ketemu langsung dengan saudara dan teman-teman buat silaturahmi, tapi tahun ini enggak bisa gara-gara virus Corona ini. Meski begitu, bukan berarti kita enggak bisa jaga tali silaturahmi loh. Di era modern ini, sudah banyak teknologi aplikasi yang mempermudah kita buat bikin panggilan video, dan kita bisa gunakan itu untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Rasanya mungkin beda, tapi yang penting, niat kita melakukannya tetap sama.

Pesta Makanan di Rumah

Ramadan, Dish, Traditional, Arabic, Food, Eid, Kareem

Karena kita sama sekali enggak ada waktu buat buka bersama bareng teman-teman, artinya kita punya lebih banyak waktu di rumah, dan selama itu mungkin kita sudah bikin rencana buat persiapkan makanan di Idul Fitri nanti. Kalau kebetulan makanannya banyak, pesta makanan mungkin bisa jadi pilihan aktvitias Idul Fitri saat karantina yang pas banget. Apalagi kalau kita sambil video call keluarga besar, rasanya kayak makan bareng-bareng meskipun ada di rumah sendiri-sendiri.

 

Nah itu tadi kira-kira beberapa hal yang bisa kita lakukan waktu kita menyelenggarakan Idul Fitri saat Karantina nanti. Kalian punya rencana khusus enggak buat Idul Fitri nanti? Atau kalian sudah mulai membuat kue-kue kering untuk dimakan? Kalau sudah, yuk kirimkan foto-foto kuenya ke Instagram kami!