Posted on

Ini Dia 6 Manfaat Madu Manuka Untuk Tubuh! Bisa Meredakan Radang Tenggorokan, Loh!

Kalian suka madu? Madu memang manis banget, tapi kalian tahu enggak sih kalau ternyata ada satu jenis madu yang katanya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh loh, namanya madu Manuka! Madu yang satu ini spesial banget, karena cuma ada di daerah Selandia Baru. Mau tahu apa saja manfaat madu Manuka? Yuk langsung kita bahas satu-satu!

Membantu Penyembuhan Luka

Sama seperti madu-madu lainnya, salah satu manfaat madu Manuka adalah untuk penyembuhan luka. Yang cukup menarik adalah ada beberapa studi yang bilang kalau madu jenis ini bisa meningkatkan penyembuhan luka, meningkatkan regenerasi jaringan-jaringan, dan bahkan mengurangi rasa sakit orang-orang yang kena luka bakar.

Antibakteri

Semua jenis madu memang bisa dianggap sebagai antibiotik natural dari ratusan tahun lalu, tapi manfaat madu Manuka ternyata lebih hebat dari madu-madu biasa loh! Madu Manuka punya zat untuk menyerang para bakteri yang namanya MGO, yang membantu banget untuk penyembuhan luka kecil dan kronis. Saking hebatnya, Food & Drug Administration (FDA) di Amerika sampai mengizinkan pembuatan perban yang di-infuse pakai madu Manuka.

Manfaat madu Manuka juga membuat para peneliti penasaran, karena madu ini bisa menyerang infeksi yang sudah punya biofilm, padahal seharusnya kalau infeksinya sudah membuat biofilm, enggak bisa lagi ditangani loh. Hebat banget ya madu yang satu ini.

Meringankan Radang Tenggorokan

Masih berhubungan dengan manfaat madu Manuka sebelumnya, ada penelitian yang bilang kalau madu Manuka bisa mengurangi pembengkakan dan menyerang bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Tapi bukan cuma itu, madu Manuka juga bisa menyelimuti dinding tenggorokan agar terasa lebih lega.

Dipercaya Bisa Meningkatkan Pencernaan

Manfaat madu Manuka yang saat ini sedang diteliti lebih lanjut oleh para ilmuwan adalah kemampuannya untuk mengatasi infeksi usus besar yang dibarengi diare dan sakit di bagian perut. Sayangnya, sejauh ini tesnya baru dilakukan ke tikus dan lewat tabung tes. Berhasil, sih, tapi mereka masih harus mencoba apakah hal itu bisa diterapkan ke manusia atau enggak.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ada studi dan riset yang menunjukkan bahwa manfaat madu Manuka yang lainnya adalah untuk meminimalkan bakteri buruk yang ada di mulut tanpa menyerang bakteri baiknya.  Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan membuat permen dari madu Manuka dan menyuruh orang-orang untuk mengunyah permen itu selama 10 menit.

Manfaat Madu Manuka yang Terpenting

Di masa pandemic seperti ini, salah satu hal yang paling penting untuk ditingkatkan adalah daya tahan tubuh, dan ternyata salah satu manfaat madu Manuka adalah untuk meningkatkannya! Caranya juga enggak susah kok, kita cukup perlu makan ½ atau 1 sendok makan madu Manuka setiap hari, dan ketahanan tubuh kita akan meningkat dengan sendirinya!

Honey, Bread, Spoon, Bio, Nature, Healthy, Vitamins

Nah, itu tadi 6 manfaat madu Manuka yang sudah teruji klinis buat kesehatan kita loh. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk siap-siap madu Manuka di rumah dan diminum setiap pagi biar daya tahan tubuh kita meningkat dan kita tahan dari berbagai macam jenis penyakit!