Posted on

Ini Dia Daftar 6 Asteroid Besar Yang Sempat Meluncur Melewati Bumi!

Untuk mereka yang antusias banget dengan luar angkasa, hari ini, 30 Juni, mungkin jadi hari yang spesial banget untuk mereka. Soalnya, hari ini bertepatan juga dengan Hari Asteroid Dunia! Kalian tahu enggak sih kalau di tahun 2018 saja, ada sekitar 91 asteroid yang lewat dekat bumi? Banyak banget kan? Yuk, hari ini kita sama-sama lihat beberapa asteroid besar yang pernah hampir atau bahkan menabrak Bumi!

Asteroid Besar Seukuran Gedung Empire State

New York City, Empire State Building, Manhattan, Nyc

Di tahun 2019 kemarin, Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) menemukan kalau ada asteroid besar yang sedang mendekati bumi. Asteroid yang satu ini punya ukuran yang hampir sama dengan gedung Empire State yang tingginya 318 meter. Menurut NASA, kalau pecahan asteroid yang diberi nama 2019 GT3 ini menghantam bumi, kawah hasil hantamannya bisa sampai sebesar 5 km. Dengan kecepatan laju hampir 50.000 km/jam, diprediksi satu kota bisa hancur karena asteroid yang satu ini.

Ada yang Seukuran Menara Eiffel. Loh!

Paris, Eiffel Tower, France, French, La Defense, City

Bulan Agustus tahun 2019 kemarin, asteroid besar seukuran menara Eiffel sempat numpang lewat di dekat Bumi. Sebagai perbandingan, ukuran menara Eiffel itu sekitar 300 meter (324 meter kalau dihitung sampai puncaknya). Kecepatan lajunya yang sampai 17.000 km/jam diduga bisa bikin ledakan dan kerusakan sampai 500x lebih parah dari bom atom yang menghabisi kota Hiroshima di Jepang saat Perang Dunia ke-2.

Bahkan Sampai Sebesar Burj Khalifa

Dubai, Desert, Burj Kalifa, Emirates, Vacations

Masih di tahun 2019, NASA berhasil mengidentifikasi asteroid besar yang bernama 2000 QW7. Asteroid ini punya ukuran yang enggak main-main, soalnya diameternya berukuran 650 meter, sedikit di bawah Burj Khalifa yang tingginya sekitar 830 meter. Kecepatannya sendiri sekitar 23.000 km/jam, tapi untungnya asteroid yang satu ini diprediksi hanya akan numpang lewat, dan enggak sampai menabrak bumi.

Apa Efeknya Kalau Asteroid Besar Menabrak Bumi?

Asteroids, Planet, Space, Meteor, Destruction, Comet

Sekitar 65 juta tahun lalu, ada meteorit yang menabrak bumi dan menciptakan kawah bernama Kawah Chicxulub. Dibandingkan asteroid-asteroid yang dibicarakan di atas, asteroid Chicxulub ini enggak begitu besar. Ukurannya saja cuma sekitar 81 meter. Tapi ketika kecepatannya sampai sekitar 20 km/detik, digabungkan dengan beratnya yang sampai 460 triliun ton, asteroid ini bisa menghasilkan hantaman sama dengan 921 triliun kalinya bom Hiroshima. Karena tabrakan ini juga, 75% kehidupan di Bumi waktu itu punah.

Di Afrika Juga Pernah ada Tabrakan Dengan Asteroid!

Meteor, Impact, Globe, Planet, Trace, Astronomy, Space

Enggak banyak informasi yang bisa didapat tentang asteroid besar yang menciptakan kawah Morokweng di Afrika Selatan ini, karena umurnya yang sudah tua banget. Baru di tahun 2006, para peneliti akhirnya menemukan pecahan asteroid yang cuma sekitar satu jengkal (25 cm). Kawahnya sendiri punya diameter sekitar 70 kilometer, dan menurut para peneliti, asteroid yang bisa membuat kawah sebesar ini pasti akan meleleh ketika sampai di Bumi.

Tapi Ada yang Pernah Menabrak Bumi di Tahun 2000-an Loh!

Meteor Crater Arizona, Meteor, Crater, Arizona, Desert

Asteroid-asteroid yang menabrak Bumi di 2 poin sebelumnya terjadi jauh di masa lalu, tapi kalian tahu enggak kalau ada yang pernah jatuh di Bumi di tahun 2013? Pada tanggal 15 Februari di tahun itu, Asteroid berukuran 20 meter hancur di atmosfer Bumi dan jatuh di daerah Chelyabinsk Oblast, Russia. Meskipun ukurannya kecil, asteroid yang satu ini punya berat sekitar 9.100 ton loh! Saat jatuh ke Bumi, terjadi ledakan yang setara dengan 33x ledakan bom atom di Hiroshima.

 

Nah itu tadi beberapa asteroid besar yang sempat numpang lewat dan bahkan berbenturan dengan Bumi. Seram banget, ya! Kalau asteroid-asteroid itu sampai jatuh di tempat yang penuh penduduknya, enggak terbayang lagi sebesar apa kerusakan yang bakal dialami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *