Posted on

Kenalan Yuk Dengan Beberapa Jenis Sepeda yang Ada!

Kalian tahu enggak sih kalau tanggal 3 Juni besok adalah Hari Sepeda Dunia? Hari yang unik untuk dirayakan, kan? Nah, untuk siap-siap merayakan Hari Sepeda Dunia, yuk kita lihat berbagai jenis sepeda! Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu, tapi mungkin banyak juga yang belum tahu, jadi yuk sama-sama kita lihat jenis-jenisnya!

Sepeda Balap (Road Bike)

Specialized S-Works Roubaix Shimano Dura-Ace Di2 2020 Road Bike

Jenis sepeda pertama yang akan kita bahas adalah sepeda balap atau yang juga dikenal sebagai road bike. Sepeda jenis ini cocok banget nih kalau kita mau bersepeda di jalanan agak cepat. Seperti namanya, sepeda yang satu ini didesain untuk dipakai di jalanan aspal, yang artinya enggak akan cocok kalau mau dipakai di jalanan tanah. Biasanya, sepeda jenis ini punya ban yang lebih tipis tapi berdiameter lebih besar.

Sepeda Gunung (Mountain Bike)

Whyte 604 Women's 2020 Hardtail Mountain Bike

Sepeda ini berlawanan sama jenis sepeda pertama kita. Bannya lebih tebal dan menonjol, soalnya memang didesain untuk naik gunung atau berkendara off road. Sepeda ini juga punya berbagai macam alat-alat bantuan yang bisa membantu kita naik gunung lebih mudah. Sayangnya, jenis yang ini enggak cocok untuk berjalan di jalanan aspal.

Sepeda Hibrid (Hybrid Bike)

Specialized Sirrus X 2.0 2020 Step Through Hybrid Bike

Nah, tapi kalau kalian tipe yang suka pakai sepeda untuk jalan-jalan biasa dan kadang-kadang menjelajahi jalur off road, jenis sepeda yang satu ini cocok banget nih buat kalian. Sepeda ini pada dasarnya adalah gabungan dari sepeda balap dan sepeda gunung! Tapi bukan berarti enggak ada kelemahannya loh ya. Justru karena sepeda ini menggabungkan balap dan gunung, jenis yang satu ini enggak punya spesialisasi. Kalian bisa jalan di aspal, tapi enggak sekencang sepeda balap. Kalian bisa naik gunung dan jalan di jalanan off road, tapi enggak seenak sepeda gunung.

Sepeda Lipat (Folding Bike)

Brompton M3L 2020 Folding Bike

Salah satu jenis yang sedang in banget adalah sepeda lipat. Banyak orang yang suka jenis ini karena seperti namanya, sepeda ini bisa dilipat. Karena kemampuannya untuk dilipat, frame sepedanya jadi cukup unik kalau dibanding dengan jenis-jenis lainnya. Ban depan dan belakangnya juga tergolong kecil. Sepeda ini cocok banget kalau kalian enggak punya tempat untuk simpan sepeda, tapi ingat ya jangan dipakai untuk naik gunung atau bersepeda cepat. Bukan cuma sepeda ini enggak bisa melakukan itu, tapi juga karena bisa jadi berbahaya banget.

Sepeda Listrik (Electric Bike)

Riese & Muller Superdelite GT Vario 2020 Electric Bike

Jenis sepeda yang satu ini lumayan unik, nih, soalnya sebagian dari sepeda ini punya kemampuan listrik: baterai dan motor senyap. Karena bagian-bagian sepeda itu, jadinya sepeda ini jadi lebih berat dibanding sepeda lain. Iya sih, lebih berat, tapi kalau kita sudah terbiasa sama beratnya, kita bakal berterima kasih banget sama sepeda ini apalagi kalau kita tipe yang malas. Kenapa? Soalnya saat kita menggoes, motor di sepeda ini akan menyala dan memberi dorongan ke goesan kita!

 

Nah itu tadi beberapa jenis sepeda yang ada. Cukup banyak kan? Kira-kira mana yang paling cocok untuk kalian? Jujur sih, kalau menurut kami sepeda lipat merupakan salah satu yang cukup menarik karena enggak makan tempat terlalu banyak, dan cukup enteng.