Posted on

Kenalan Yuk Dengan Christiane Amanpour, Jurnalis Hebat Berdarah Campuran Iran-Inggris!

Beberapa waktu yang lalu, kita sempat membahas tentang apa yang harus dilakukan jika anak kita ingin belajar tentang jurnalisme. Waktu itu, kebetulan bertepatan dengan hari kebebasan pers internasional. Nah, masih dengan semangat kebebasan pers, hari ini kita akan bahas sosok yang cukup berpengaruh di dunia jurnalisme, yaitu Christiane Amanpour!

Siapa sih Christiane Amanpour?

Christiane Amanpour On The One Person She's Yet To Interview – Variety

Christiane Amanpour adalah seorang jurnalis berdarah Inggris dan Iran yang sekarang menjadi Chief International Anchor-nya CNN. Bukan Cuma itu, tapi dia juga menjadi pembawa acara untuk acara malam CNN yang berjudul Amanpour. Wanita yang berumur 62 tahun ini adalah lulusan University of Rhode Island, dan sudah masuk ke dunia jurnalisme dari tahun 1983, loh! Artinya, dia sudah ada di dunia jurnalisme selama 37 tahun!

Amanpour menyelesaikan sekolahnya selama SD di Iran, tapi saat umurnya 11 tahun, dia dipindahkan ke Inggris dan bersekolah di sekolah khusus putri di Chalfont St. Peter Buckinghamshire. Setelah selesai SMA, Christiane Amanpour akhirnya pindah ke Amerika Serikat dan mengambil kuliah jurusan jurnalisme di University of Rhode Island, dan lulus di tahun 1983.

Perjalanan Karir Christiane

Christiane Amanpour Backs the Committee to Protect Journalists ...

Sekarang ini, Christiane Amanpour memang dikenal sebagai seorang jurnalis yang oke, tapi dulunya enggak begitu loh! Saat Amanpour sedang berkuliah, dia pertama bekerja di departemen berita salah satu radio di Rhode Island bernama WBRU-FM. Uniknya, Christiane juga bekerja sebagai desainer grafis di WJAR, sebuah saluran televisi milik NBC.

Amanpour baru mulai benar-benar terjun ke dunia jurnalisme setelah dia lulus di tahun 1983. Saat itu, dia dipekerjakan oleh CNN dan mendapatkan posisi sebagai desk assistant di kantor Atlanta, Georgia. Di tahun-tahun awal, Amanpour sudah ditugaskan untuk meliput berita-berita yang cukup berbahaya loh! Tugas besarnya yang pertama adalah untuk membahas perang yang terjadi antara Irak dan Iran pada masa itu. Setelahnya, Christiane Amanpour dipindahtugaskan untuk meliput kejatuhan komunisme di Eropa dan hancurnya Uni Soviet.

Christiane Amanpour Is The 'BFF Of The People' - YouTube

Yang membuat nama Christiane Amanpour terkenal di seluruh dunia adalah liputan yang dia bawakan tentang Perang Teluk Persia di tahun 1990-an. Karena liputannya yang luar biasa, nama Amanpour mulai dikenal sebagai seorang jurnalis perang yang luar biasa. Meski begitu, enggak semuanya berjalan lancar loh!

Saat Amanpour ditugaskan untuk meliput Perang Bosnia, dia harus meliput dari Sarajevo. Saat itu, banyak orang yang mempertanyakan profesionalitasnya, karena dia dirasa terlalu berpihak kepada kaum Muslim yang ada di Bosnia. Karena banyaknya orang yang mempertanyakan tersebut, akhirnya Amanpour angkat bicara tentang keputusannya, dan berkata bahwa bahkan saat menjadi jurnalis, ada waktu di mana dia tidak bisa netral dan harus mendahulukan kemanusiaannya, tapi bukan berarti dia melupakan tanggung jawabnya sebagai jurnalis untuk mendengar kedua belah pihak. Karena liputan ini, nama Amanpour semakin melejit.

The Playboy Interview with CNN and PBS news host Christiane Amanpour

Karena kerja kerasnya sampai saat ini, Christiane Amanpour sudah memenangkan berbagai macam penghargaan seperti Goldsmith Career Award dari Harvard’s Kennedy School of Government di tahun 2002 dan John Peter & Anna Catherine Zenger Award for Press Freedom. Sekarang ini, Amanpour sedang sibuk bekerja di PBS sebagai pembawa acara di program Amanpour & Company.  Keren, kan? Sudah 37 tahun, dan dia masih terus bekerja membawakan berita yang akurat dan berbobot untuk semua orang!