Posted on

Ini Dia Daftar 5 Kota Terbersih di Dunia! Yuk Intip Cara Mereka Jaga Kebersihan!

Kalau kita jalan-jalan di beberapa jalan di Jakarta, kita masih bisa melihat beberapa orang yang suka buang sampah sembarangan. Enggak cuma bikin jalanan jadi enggak indah dipandang, aksi buang sampah sembarangan ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan nantinya, loh. Sementara itu, yuk kita lihat daftar kota terbersih di dunia! Siapa tahu kita bisa contek cara mereka!

Calgary, Kanada

Downtown Calgary 2020-4.jpg
Foto oleh Acefitt, CC BY-SA 4.0

Calgary sudah beberapa kali memenangkan piala kota terbersih di dunia. Kota yang ada di Kanada ini punya lebih dari 1,2 juta jiwa yang tinggal di sana. Kebetulan juga, kota ini ada di titik temu 2 sungai: Bow River dan Elbow River. Dengan 1,2 juta jiwa, ternyata Calgary masih bisa punya banyak taman, jalanan yang bersih, dan udara yang masih segar loh. Kok bisa? Ternyata, Calgary punya 5 hal yang memang mereka fokuskan untuk menjaga kebersihan, yaitu:

  • Kebersihan dan ketersediaan air
  • Sistem saluran air
  • Pembuangan sampah dan daur ulang
  • Polusi udara, dan
  • Kepadatan lalu lintas

Zurich, Swiss

Top: View over Zürich and the lake Middle: Fraumünster Church on the river Limmat (left) and the Sunrise Tower (right) Bottom: Night view of Zürich from Uetliberg
Foto oleh Pengguna Wikipedia & Wikimedia Commons, CC BY-SA 3.0

Kota yang punya nama Romawi Turicum ini adalah kota terbesar di Swiss yang kebetulan juga jadi pusat perdagangan di Swiss. Dengan populasi sebanyak 415 ribu jiwa, mungkin enggak mengherankan kenapa Zurich bisa jadi salah satu kota terbersih di dunia, tapi kadang orang-orang lupa kalau Zurich sendiri selalu padat dengan turis. Hal yang membuat Zurich masuk dalam daftar ini adalah karena mereka sangat efisien dalam mengatur sampah mereka, dan mereka juga punya sistem daur ulang yang bagus dan terfokus pada cara penggunaan ulang produk.

Kobe, Jepang

Kobe Japan Stock Pictures, Royalty-free Photos & Images - Getty Images

Kobe adalah sebuah kota yang amat penting di Jepang dan tergolong sebagai salah satu terminal peti kemas yang paling sibuk di sana. Meskipun begitu, kota ini masih secara konsisten terdaftar sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Kok bisa? Salah satu alasannya sih katanya karena pengambilan sampah dan pengaturan limbah di sana oke banget. Mungkin setelah pandemi ini selesai, Kobe bisa jadi salah satu tempat yang bisa kita datangi kalau mau lihat kebersihan di kota ini.

Vienna, Austria

Foto oleh: Felix König, CC BY 3.0

Enggak cuma terbersih, Vienna juga punya julukan sebagai kota yang paling bisa dihuni di dunia karena keamanannya. Dulu, Vienna katanya pernah  kelihatan berantakan banget loh gara-gara banyaknya lukisan yang berserakan di jalan. Gara-gara terlihat enggak bagus, akhirnya pemerintah bikin perjanjian dengan para artis: mereka akan punya tempat berekspresi seni mereka sendiri sepanjang kanal Danube.

Oslo, Norwegia

undefined
Foto oleh: Helge Høifødt, CC BY-SA 4.0

Oslo adalah ibu kota Norwegia yang juga merupakan salah satu kota terpadat di sana dengan total 640 ribu-an penduduk. Katanya sih kebersihan di Oslo disebabkan gara-gara banyaknya kotak sampah yang ada di kota itu. Belum lagi katanya banyak tempat di Oslo yang sudah langsung tersambung sama sistem pembuangan sampah dan limbah otomatis yang ada di kota itu. Nantinya, sampah-sampah tadi akan dipindah, digabung, dan dibakar. Tapi enggak cuma sampai situ aja, soalnya energi hasil pembakaran sampah tadi akan diubah jadi energi listrik.

 

Nah itu tadi 5 kota terbersih di dunia. Keren-keren kan? Meskipun mereka punya penduduk yang banyak, penduduknya juga tertib banget menjaga kebersihan. Kira-kira negara mana yang paling mau kalian kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *