Posted on

Ini Dia 6 Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah di Indonesia! Mana Favoritmu?

Gimana lebaran kalian kemarin? Berbeda ya, rasanya dibanding tahun-tahun sebelumnya karena adanya aturan PSBB dan karantina pribadi akibat Corona. Tapi enggak perlu sedih dan bosan, soalnya hari ini kita akan keliling Indonesia untuk lihat-lihat berbagai jenis makanan khas lebaran yang ada di berbagai daerah di Indonesia!

Bebek Gulai Kurma

Makanan khas lebaran yang pertama datang langsung dari serambi Mekah, Daerah Istimewa Aceh. Sesuai namanya, bahan dasar makanan yang satu ini adalah bebek yang dimasak pakai daun pandan, temurui, dan serai. Lucunya, namanya gulai kurma, tapi makanan khas Aceh yang satu ini enggak pakai kurma sama sekali di resepnya loh!

Opor Ayam

5 Resep Opor Ayam Putih untuk Lebaran Khas Indonesia - Umroh.com

Oh iya hampir lupa. Sebelum kita bahas makanan khas lebaran yang lain, kayaknya kita harus bahas makanan yang paling sering dibuat pas lebaran dulu: opor ayam. Tapi tahu enggak sih kalau opor ayam itu sebenarnya makanan khas di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tapi sekarang ini, banyak daerah mulai membuat versi opor ayam mereka sendiri juga loh!

Ayam Gagape

ayam gagape

Setelah kenyang makan bebek gulai kurma-nya Aceh, sekarang kita terbang ke Makassar. Katanya sih, makanan khas lebaran yang satu ini enggak boleh lepas dari meja makan orang Makassar saat lebaran. Bentuknya memang agak mirip opor ayam, tapi kalau soal rasa sih jangan dibandingkan. Karena kelapa parut sangria yang ditabur di atas ayamnya, rasanya jauh lebih nendang!

Ayam Bumbu Anam

Di daerah Sumatera Selatan ada kabupaten yang bernama Lahat, nah di sana makanan khas lebaran yang satu ini enggak boleh absen dari meja makan! Makanan gulai warna kuning ini cocok banget untuk jadi teman ketupat karena rasanya yang gurih.

Sambal Goreng Kentang

17

Kalau ada sambal yang cocok banget untuk makanan khas lebaran seperti opor, ya sambal goreng kentang. Cara bikinnya enggak ribet, dan bisa juga ditambah bahan-bahan lainnya seperti misalnya ampela, ati, petai, atau bahkan baso daging. Kalau sudah masak, kita bisa tambahkan sambal goreng ini ke mangkuk penuh opor maupun dimakan hanya dengan ketupat! Hampir semua daerah di Indonesia tahu sambal ini, terutama di daerah Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur.

Semur Daging Betawi

Resep (Recipe) Sajian Sedap Semur Daging Sapi Pedas Spesial ...

Agak bosan kan mayoritas makanan di artikel kita kali ini bahan dasarnya ayam? Kalau gitu, untuk makanan khas lebaran kita yang terakhir, kita akan lihat di daerah Betawi dan Jakarta: Semur daging! Di daerah Jakarta, makanan yang satu ini wajib ada di meja karena rasanya yang manis, gurih, dan bisa juga dibuat sedikit pedas!

 

Itu tadi 6 makanan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia. Ada makanan yang dari daerah kalian enggak? Kalau enggak ada, yuk bagi-bagi resep dan cara masaknya di Instagram! Tapi, jangan lupa tag kami ya!