Posted on

Kalian Tahu Enggak Ternyata Banyak Manfaat Donor Darah Untuk Tubuh Kita Loh

Hari ini adalah tanggal 14 Juni, dan mungkin banyak orang yang sudah tahu kalau hari ini adalah Hari Donor Darah Sedunia. Meskipun donor darah sudah jadi kebiasaan bagi banyak orang, tapi banyak orang yang masih enggak tahu loh kalau ternyata banyak manfaat donor darah yang bisa didapatkan oleh tubuh! Apa saja sih manfaatnya? Yuk sama-sama kita lihat!

Bisa Mengetahui Penyakit yang Kita Enggak Tahu

Medicine, Withdrawal, Nurses, Emergency, Veins, Life

Untuk poin pertama, kita enggak melihat manfaat donor darahnya secara langsung, tapi apa yang terjadi sebelum donor dilakukan. Biasanya, kita akan melakukan beberapa tes misalnya pengecekan denyut, tekanan darah, hemoglobin, suhu tubuh, dan yang lain-lain. Biasanya kalau memang ada penyakit yang selama ini kita enggak tahu, pengecekan ini bisa memberi tahu kita; dan saat kita tahu lebih cepat, kita bisa mencegah penyakit itu berkembang menjadi ganas.

Punya Manfaat pada Kesehatan Mental

Fitness, Jump, Health, Woman, Girl, Healthy, Fit

Mendonorkan darah adalah kegiatan dimana kita membantu orang lain, dan menurut laporan dari Mental Health Foundation, hal ini dapat membantu:

  • Mengurangi stres yang dirasakan
  • Meningkatkan kesehatan emosional
  • Menghapus pikiran negatif
  • Memberikan sense of belonging dan mengurangi perasaan terisolasi

Secara umum, mendonorkan darah itu rasanya seperti jadi sukarelawan. Kita memberi waktu dan darah kita untuk orang-orang yang membutuhkan. Belum lagi kalau tempat kita mendonorkan darah selalu sama, kita bisa lebih mengenal staf-stafnya dan lebih paham kenapa mereka membutuhkan darah lebih.

Mendonorkan Darah Dapat Mengurangi Zat Besi Berlebih

Blood, Donation, Donate, Plasma, Donor, Life, Biology

Di Amerika Serikat, banyak banget orang-orang yang terkena hemochromatosis, tapi mereka bahkan enggak tahu tentang hal itu. Penyakit ini bisa menyebabkan arthritis (peradangan sendi) yang disebabkan oleh terlalu banyak zat besi yang diserap. Nah, salah satu cara untuk merawat orang-orang dengan hemochromatosis adalah dengan mendonorkan darah, jadi zat besi berlebih di tubuh dapat dikurangi.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Heartache, Chest Pain, Hurt, Pain, Heart Attack, Adult

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Jurnal Epidemiologi Amerika, salah satu manfaat donor darah setiap tahunnya adalah kita bisa mengurangi risiko serangan jantung sampai sekitar 88 persen. Hal ini masih ada hubungannya dengan zat besi di poin sebelumnya, karena jumlah zat besi yang tinggi di darah akan mengerutkan saluran darah, yang berarti semakin tinggi juga risiko seseorang terkena serangan jantung.

Manfaat Donor Darah Terasa Oleh Semua Orang

Memang banyak banget manfaat donor darah yang bisa dirasakan langsung oleh kita, tapi bukan itu poin terpentingnya. Yang jadi alasan kenapa banyak orang yang suka melakukan donor darah adalah kesempatan mereka untuk membantu orang lain. Mendonorkan darah punya manfaat kepada kita, dan jauh lebih bermanfaat bagi orang-orang di rumah sakit yang amat membutuhkan darah tambahan tersebut.

Karena sekarang kita sudah tahu beberapa manfaat donor darah yang menurut kami paling bermanfaat, apakah kalian akan segera mendonorkan darah? Kalau menurut Alodokter sih, kita enggak perlu takut untuk tetap mendonorkan darah selama prosedur kesehatan terkait pembatasan sosial sudah dipenuhi. Yuk, kita berdonor! Karena diluar sana, masih banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan kita!