Posted on

Ini Dia Beberapa Manfaat Ikan Tuna Untuk Tubuh! Katanya Bisa Menghilangkan Bad Mood, Loh!

Banyak dari orang Indonesia yang menyukai ikan tuna, jenis ikan laut yang tergolong dalam bangsa Thunnini. Tuna memiliki berbagai macam spesies dengan ukuran yang berbeda-beda pula, mulai dari tuna peluru dengan ukuran maksimum 50 cm dan berat 1.8 kilo, hingga tuna sirip biru yang memiliki ukuran maksimum 4.6 m dan berat 684 kilogram. Sayangnya, banyak yang belum tahu manfaat ikan tuna, loh! Padahal, ikan yang satu ini bukan cuma lezat, tapi juga kaya manfaat! Yuk, kita lihat apa saja manfaat ikan yang satu ini!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!

Salah satu manfaat ikan tuna yang cukup membantu kita di masa karantina ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita! Hal ini karena ikan tuna kaya akan zinc, vitamin c, dan selenium, senyawa antioksidan yang juga merupakan salah satu peningkat daya tahan tubuh yang terbaik.

Memperkuat Tulang

Manfaat ikan tuna lainnya adalah untuk memperkuat tulang kita, mengingat daging dari ikan tuna mengandung vitamin B yang tinggi, yang merupakan komponen utama untuk memperkuat tulang kita.

Mampu Memperbaiki Kulit

Vitamin B kompleks yang ada di dalam tuna juga berguna untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat, loh! Vitamin B kompleks memiliki protein penting yang bernama elastin. Nah, elastin ini yang akan berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit kita!

Mampu Mencegah Stroke!

Fungsi vitamin B yang ada pada ikan tuna tidak berhenti sampai kulit saja! Ada studi yang menyatakan kalau orang dewasa yang diberikan 5 porsi tuna setiap minggu, kemungkinan mereka terserang stroke turun sebanyak 30%! Hal ini terjadi karena dinding arteri mereka mengalami peningkatan akibat vitamin B kompleks dan asam folat dalam tuna.

Mampu Meningkatkan Energi

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam ikan tuna berperan besar dalam peningkatan metabolisme tubuh. Dipadukan dengan protein tinggi dan omega-3, ikan tuna dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh! Banyak juga ya manfaat ikan tuna yang diberikan oleh vitamin B kompleks.

Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Tuna mungkin adalah salah satu jenis daging yang paling oke untuk dimakan dalam jumlah banyak. Hal ini karena tuna memiliki lemak yang sedikit, tapi tetap kaya protein dan nutrisi lainnya. Meski begitu, kita tetap tidak boleh makan terlalu banyak, ya! Karena hal yang berlebihan itu tidak baik!

Bisa Meningkatkan Mood

Ada studi yang menunjukkan bahwa kurangnya selenium di dalam tubuh memiliki kaitan yang besar dengan depresi. Kebetulan, salah satu manfaat ikan tuna adalah kandungan selenium yang dimilikinya. Tidak hanya itu, omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna juga dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang, loh!

Dapat Menghindari Kerusakan Membran

Protein yang terkandung dalam tuna ternyata juga mengandung peptide, yang saat dikonsumsi, akan memiliki efek terhadap membran di tubuh kita. Kondisi membran-membran tersebut akan meningkat, dan tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan tahan terhadap radikal bebas.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Otak?!

Manfaat ikan tuna yang akan kita bahas terakhir adalah efeknya pada otak kita. Lagi-lagi karena omega-3, fungsi kognitif otak kita akan meningkat saat kita makan tuna, loh! Karena omega-3 ini, otak kita dapat berfungsi lebih baik karena seluruh kebutuhan otak dapat terpenuhi!

Tuna, Fish Market, Fresh Catch, Market, Fish, Fresh

Nah, sekarang tahu kan kalau ternyata banyak banget manfaat ikan tuna yang bisa kita dapatkan. Tapi, seperti yang sudah dibilang di atas, meskipun banyak manfaat yang bisa kita dapat, bukan berarti kita bisa konsumsi tuna dalam jumlah yang terlalu banyak, karena mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan itu tidak baik. 

One thought on “Ini Dia Beberapa Manfaat Ikan Tuna Untuk Tubuh! Katanya Bisa Menghilangkan Bad Mood, Loh!

  1. […] ingat enggak, beberapa waktu lalu kita sempat omongin tentang manfaat ikan tuna untuk tubuh? Nah, kali ini kita akan bahas sesuatu yang masih ada hubungannya dengan tuna dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *