Posted on

Yuk Kita Mengajarkan Kebersihan Kepada si Kecil Sebelum Mereka Masuk Sekolah!

Enggak terasa, sebentar lagi si kecil akan kembali ke sekolah—kalau semua sesuai rencana. Meski begitu, masih ada teror virus Corona yang terus mengintai, dan pastinya kita jadi agak sedikit waswas nih. Tapi selama kita mengikuti anjuran WHO tentang menjaga jarak dan menggunakan masker, kita bisa sedikit tenang. Yang tersisa tinggal bagaimana kita mengajarkan kebersihan di sekolah kepada anak.

Modeling Behavior

People, Kid, Child, Girl, Study, Uniform, Teach, Books

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengajarkan kebersihan pada anak adalah dengan mencontohkan kepada mereka hal tersebut. Kalau si kecil sering mengeluh ketika disuruh mencuci tangan sebelum makan, bisa jadi karena mereka enggak pernah melihat ayah dan ibu mencuci tangan sebelum makan. Kalau kita mau anak-anak melakukan sesuatu, kita harus sering menunjukkan bahwa kita melakukan hal tersebut juga kepada si kecil.

Ajarkan Kebiasaan Hidup Sehat

Hands, Wash, Twenty, Seconds, Soap, Foam, Health

Kalau kita mau mengajarkan kebersihan kepada anak agar mereka berhati-hati terhadap virus Corona, kita harus mengajarkan cara hidup yang sehat. Penting banget loh kita mengingatkan anak kalau mereka melakukan sesuatu yang enggak sehat. Beberapa aturan yang mungkin bisa kalian ajarkan ke anak adalah:

  • Mencuci tangan dengan air dan sabun
  • Tidak menyentuh wajah dengan jari mereka
  • Enggak membagi minuman mereka
  • Menutup mulut saat batuk dan bersin

Kalau kita enggak mau kedengaran membosankan dengan terus mengingatkan hal-hal tersebut ke anak, Dr. Jeremy Fine, seorang ahli penyakit dalam di Kalifornia Selatan menyarankan kita membuat flashcard atau membuat kuis untuk membantu kita dalam proses mengajarkan kebersihan pada anak.

Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Virus, Protection, Coronavirus, Woman, Face, Mask

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan kebersihan pada si kecil—terutama di saat-saat penuh kecemasan akan virus ini—adalah untuk menggunakan masker. Masker ini enggak cuma menahan virus-virus yang keluar dari mulut si kecil, tapi juga menepis debu-debu untuk masuk ke mulut atau hidung si kecil.

Ajarkan Cara Menggunakan Desinfektan Pada si Kecil

Disinfection Of Hands, Spray Can, Disinfectant, Hand

Salah satu saran CDC untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan permukaan-permukaan yang akan sering kita sentuh. Nah, karena di sekolah kita enggak akan bisa ada di samping si kecil, rasanya penting kita mengajarkan mereka cara menggunakan disinfektan ke permukaan-permukaan seperti meja kelas mereka. Tapi tentu saja, kita yang harus membuat disinfektannya sendiri loh ya.

Menjaga Jarak

Social Distancing, Mask, Corona, Mouth Guard, Virus

Hal terakhir yang perlu kita beritahu kepada si kecil saat mengajarkan kebersihan sebelum mereka kembali ke sekolah adalah tentang social distancing. Mungkin mereka akan bertanya kenapa, dan di saat itu kita perlu memberikan jawaban yang bijak tentang virus tanpa membuat mereka ketakutan. Ajarkan kepada si anak bahwa mereka enggak perlu takut untuk menjaga jarak dengan teman-teman mereka, terutama yang menunjukkan gejala batuk.

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu kita beritahukan kepada si kecil saat mengajarkan kebersihan kepada mereka sebelum mereka kembali ke sekolah. Jika memungkinkan, kita juga harus mencoba bekerja sama dengan orang tua murid yang lain demi memastikan sekolah bisa mengatur hal ini secara ketat agar anak kita tetap sehat.