Posted on

Momen Ramadhan yang Kita Kangenin Selama Karantina

Ramadhan tahun ini rasanya amat sangat berbeda kalau dibanding sama Ramadhan beberapa tahun ke belakang karena bahaya Coronavirus yang mengancam di berbagai sudut. Mungkin memang enggak banyak kejadian besar yang terjadi di bulan Ramadhan tahun ini, tapi bukan berarti enggak ada sama sekali! Biar kita enggak lupa, yuk kita lihat momen Ramadhan yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan.

Jajan Takjil

Jajan Menu Takjil Ogah Boros? Begini Cara Mudah Mengaturnya

Biasanya, momen Ramadhan yang paling ditunggu tiap tahun adalah momen untuk jajan takjil. Tapi di tahun ini, karena adanya PSBB yang diperintahkan pemerintah pusat, agak susah buat mencari jajanan takjil, ya? Tapi untungnya, karena adanya teknologi ojek online, kita sekarang jadi bisa cari jajanan untuk buka puasa tanpa harus keluar rumah! Dengan pakai jasa ojek online juga kita membantu mereka loh, mengingat mereka enggak boleh angkut penumpang selama PSBB ini.

Buka Bersama

Kid, Boy, Muslim, Eat, Eating, Ramadan, Islamic, Islam

Sayangnya di tahun ini, kita enggak bisa merasakan momen Ramadhan yang satu ini, tapi enggak berarti kita harus menyerah begitu aja! Mumpung masih ada beberapa hari sebelum bulan Ramadhan berakhir, kita masih bisa loh melakukan buka bersama di rumah masing-masing dengan bantuan teknologi. Cukup nyalakan aplikasi panggilan video pilihan kalian sambil berbuka puasa bareng teman-teman!

Tarawih di Masjid

Kid, Praying, Muslim, Islam, Faith, Religious, Prayer

Lagi-lagi karena PSBB dan ancaman virus Corona, kita enggak boleh berkumpul dalam acara apapun karena takutnya kita akan tertular atau malah menulari orang lain yang lebih lemah dibanding kita. Meski begitu, kita enggak harus melewatkan tarawih kok. Kita masih bisa melakukan tarawih di rumah dan bahkan berjamaah bersama keluarga kita. Setelahnya, kita juga bisa berdoa bersama, berharap keluarga kita diberikan kesehatan.

Tadarus di Masjid

Book, Quran, Islam, Holy, Muslim, Ramadan, Religion

Momen Ramadhan yang juga sering kita lakukan adalah tadarus di masjid, tapi karena aturan PSBB, agak susah buat kita keluar rumah tahun ini. Tapi harusnya itu enggak jadi alasan kita enggak membaca qur’an loh! Kalau kita enggak punya qur’an fisik, sekarang juga sudah banyak aplikasi HP yang bisa membantu kita buat membaca qur’an. Beberapa dari mereka bahkan punya terjemahan loh. Nih, beberapa daftar aplikasinya:

  • Al-Qur’an (ISYSWAY) punya terjemahan dan kita bisa post surat atau ayat favorit kita ke Facebook dan Twitter. Aplikasi yang satu ini juga punya alarm yang bisa mengingatkan kita untuk baca qur’an.
  • Quran Majeed punya 4 terjemahan dan dilengkapi kompas agar kita enggak kesusahan mencari kiblat. Kita juga bisa menandai sampai mana kita terakhir baca.
  • Ayat adalah aplikasi yang cukup unik, soalnya tampilan aplikasi ini dibuat mirip banget sama quran fisik

 

Nah itu tadi momen Ramadhan yang di tahun-tahun sebelumnya selalu jadi waktu yang ditunggu-tunggu. Kalau kalian sendiri gimana? Tahun ini ada enggak momen-momen spesial yang bikin kalian ingat Ramadhan tahun ini? Kalau ada, yuk bagi-bagi cerita dengan cara tag kita di Instagram! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *