Posted on

Kalian Tahu Enggak Betapa Pentingnya Laut? Katanya Bisa Mengurangi Stres Loh!

Di artikel kita tentang organisasi pecinta lingkungan di Indonesia beberapa hari lalu, kita sempat ngomongin tentang Marine Buddies, organisasi di bawah WWF yang fokusnya ke dunia kelautan. Tapi kenapa ya mereka sampai perlu bikin organisasi baru yang khusus mengurus laut? Memang apa sih pentingnya laut di hidup kita?

Lebih Hebat dari Hutan Amazon

Tree, Sunset, Amazing, Beautiful, Breathtaking

Selama ini banyak orang yang berpikir kalau penyedia oksigen terbesar di dunia adalah hutan hujan, tapi ternyata enggak loh! Hutan hujan cuma menyediakan sekitar 28% oksigen dunia, sementara 70% lainnya diproduksi oleh laut, dan ini salah satu alasan betapa pentingnya laut untuk kehidupan manusia. Bisa dipastikan kalau dari 10 nafas yang kita tarik, 7 di antaranya datang dari laut!

Tapi mana mungkin? Kan di laut enggak ada pohon ya? Kok mereka bisa bikin oksigen sebanyak itu? Jadi, di laut ada tanaman mikroskopik yang namanya Phytoplankton. Nah, mereka ini yang bertugas mengubah karbon dioksida jadi oksigen. Memang enggak kelihatan karena kecil banget, tapi mereka adalah salah satu makhluk yang paling penting di kehidupan manusia. Sayangnya, mereka enggak bisa hidup di luar laut, yang semakin meningkatkan betapa pentingnya laut bagi manusia.

Kelautan Sebagai Regulator Cuaca dan Iklim di Bumi

Sea, Water, Holidays, Blue, Background, Nature, Beach

Ternyata laut enggak cuma ada sebagai penyedia oksigen terbesar di dunia, tapi juga sebagai regulator cuaca dan iklim dunia. Karena 70% permukaan Bumi adalah laut, laut punya tugas yang penting banget: menangkap panas Bumi dan mengirimkannya dari khatulistiwa ke salah satu kutub. Laut juga menjadi alasan kita enggak mengalami kekeringan, soalnya laut juga menjadi regulator untuk hujan.

Salah Satu Penyedia Makanan di Bumi

Fishermen, Fishing, Sea, Asia, Vietnam, Fishing Net

Kalau kita mempertanyakan betapa pentingnya laut di Bumi, salah satu jawabannya adalah sebagai salah satu penyedia makanan terbesar untuk manusia. Dari semua protein yang dimakan orang-orang di dunia, 17.5% dari protein itu adalah ikan loh! Enggak cuma ikan, tapi beberapa tanaman laut sampai algae juga sudah dikonsumsi oleh manusia sejak dulu.

Tulang Punggung Ekonomi

Cinque Terre, Italy, Rocks, Sea, Water, Sunset, Stone

Ekonomi negara dan masyarakat pesisir juga berhubungan erat dengan pentingnya laut. Di Uni Eropa sendiri saja, ada lebih dari 3 juta pekerjaan di 9 sektor:

  • Turisme laut dan pantai
  • Kultur laut
  • Energi terbarukan
  • Sumber daya mineral
  • Bioteknologi
  • Perikanan
  • Perkapalan
  • Gas dan Minyak, dan
  • Transportasi

Di Amerika Serikat, hampir 3 juta jiwa bergantung ke dunia kelautan untuk hidup mereka. Di statistic yang dirilis oleh FAO tahun 2016, paling enggak ada 60 juta jiwa yang profesi utamanya ada di bidang perikanan dan kultur laut.

Punya Efek Baik Terhadap Manusia

Young Woman, Woman, Sea, Ocean, White Dress, Beach

Tahu enggak saat kita menyelam, detak jantung kita langsung melambat? Aliran darah kita juga akan terfokus ke otak, jantung, dan organ-organ vital di tubuh kita? Nah, ini yang disebut sebagai “reflek menyelam mamalia” yang kebetulan juga dimiliki oleh lumba-lumba dan anjing laut. Ada juga riset yang bilang kalau laut bisa mengurangi stres psikologis dan memperbaiki mood kita loh.

 

Itu tadi 5 pentingnya laut dalam hidup kita sebagai manusia di Bumi. Hari ini yang kebetulan juga Hari Laut Sedunia, yuk sama-sama kita apresiasi laut! Enggak perlu langsung lewat aktivitas-aktivitas luar biasa, tapi bisa dimulai lewat hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan plastik di rumah dan enggak lagi membuang sampah sembarangan.