Posted on

Ternyata Peran Kakek dan Nenek Penting Untuk Anak! Ini Beberapa Ide Untuk Meningkatkannya!

Tahu enggak sih kalau peran kakek dan nenek amat penting untuk anak-anak kita? Menurut riset yang dilakukan professor Ann Buchanan, semakin banyak peran kakek dan nenek di hidup anak-anak kita, anak kita akan semakin jarang memiliki masalah emosi maupun masalah perilaku. Nah, karena hal itu, yuk kita ajak anak-anak kita untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan kakek dan nenek mereka dengan beberapa ide aktivitas dari kami!

Membuat Kue Bersama Kakek dan Nenek

Clay, Background, Drink, Baked, Breakfast, Brown, Macro

Salah satu hal yang bisa dilakukan anak-anak kita bersama kakek dan nenek adalah dengan memanggang kue bersama. Aktivitas yang satu ini enggak cuma bisa meningkatkan peran kakek dan nenek di hidup anak-anak kita, tapi juga karena anak-anak mau diikutsertakan di dalam hal-hal yang dilakukan orang dewasa.

Alasan kenapa membuat kue bisa jadi hal yang asik adalah karena kakek dan nenek biasanya akan menceritakan banyak hal. Mungkin di saat mereka bercerita, mereka akan cerita dari mana resep kue yang mereka buat bersama, atau bahkan bagaimana para kakek dan nenek sering membuat kue bersama kalian.

Bercerita Tentang Kehidupan Orang Tua

Hal lain yang bisa meningkatkan peran kakek dan nenek di hidup anak-anak kita adalah dengan membiarkan mereka bercerita tentang kehidupan kita kepada anak-anak kita. Mungkin memang ada hal-hal yang menurut kita memalukan, tapi jangan larang mereka untuk menceritakan hal tersebut. Anak-anak perlu mengetahui bahwa kita bukan orang yang sempurna, dan sering juga membuat kesalahan terutama saat kita masih kecil.

Saling Pijat

Enggak ada orang di dunia ini yang enggak suka dipijat, mau itu anak-anak kita, maupun kakek dan nenek mereka. Enggak ada cara khusus untuk memijat, tapi pastikan saat memijat, orang yang dipijat sudah ada di posisi yang nyaman.

 Mencoba Main Kartu atau Permainan Lain

Salah satu cara meningkatkan peran kakek dan nenek di hidup anak-anak kita adalah membuat mereka bermain bersama dengan si kecil. Kakek dan nenek bisa mengajarkan anak-anak kita cara bermain kartu yang mereka jago mainkan atau mungkin mereka bisa juga bermain catur yang butuh lebih banyak waktu untuk berpikir.

Berkebun

Terkadang, orang yang lebih tua akan mencari aktivitas yang bisa mereka lakukan agar mereka enggak berdiam diri, dan salah satu aktivitas yang sering menjadi pilihan adalah berkebun. Nah, kakek dan nenek yang suka berkebun bisa mengajak cucu-cucu mereka untuk berkebun dan membiarkan mereka bersenang-senang terutama dengan penyiram airnya.

 

Nah itu tadi 5 ide aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peran kakek dan nenek di kehidupan anak-anak kita. Membiarkan anak-anak beraktivitas dengan kakek dan nenek mereka juga akan memberikan mereka jembatan antar generasi yang bisa membuat mereka menjadi lebih pengertian saat dewasa nanti.