Posted on

6 Pose Yoga Ini Cocok Banget Untuk Dicoba di Rumah Sendiri!

Kemarin kita sudah sempat bahas beberapa manfaat yoga yang bisa kita dapatkan, dari kalian ada yang tertarik enggak? Kalau ada tapi belum punya waktu, enggak perlu khawatir! Soalnya, kali ini kita akan sama-sama lihat beberapa pose yoga pemula yang bisa kita lakukan di rumah kita sendiri! Yuk, lihat apa saja gerakan-gerakannya!

Cat Pose

Cat Pose
Foto oleh David Martinez untuk YogaJournal.com

Pose yoga pertama yang akan kita lihat dikenal sebagai cat pose atau marjarisana, yang artinya adalah pose kucing. Pose yang satu ini enggak susah untuk dilakukan loh, cukup seperti yang ada di gambar atas. Gunakan telapak tangan dan lutut sebagai penopang badan, dan pastikan mereka lurus. Yang berikutnya kalian harus lakukan adalah menarik nafas sambil menurunkan punggung, dan menghembuskan sambil menaikkan punggung, seperti yang ada di video di bawah ini.

Bridge Pose

Bridge Pose
Foto oleh David Martinez untuk YogaJournal.com

Bridge pose atau setubandhasana adalah pose yoga di mana kita akan mengambil pose seperti jembatan. Cara melakukan pose ini adalah dengan pertama-tama berbaring telentang, lalu bengkokkan lutut kita sampai tumit kita menyentuh tulang duduk. Selanjutnya, hembuskan nafas dan dorong tulang ekor kita ke atas sampai bokong kita terangkat dari lantai. Setelah 30 sampai 60 detik, selesaikan pose ini. Kalau bingung, kalian bisa lihat video di bawah ini.

Legs-Up-the-Wall Pose

Leah Cullis performs Legs-Up-the-Wall Pose, viparita pari

Pose yoga yang satu ini dikenal juga dengan nama viparita karani, dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Yang kita butuhkan untuk pose yang satu ini adalah dinding dan tumpukan atau lipatan handuk atau selimut untuk penopang kita. Meskipun kelihatannya gampang, tapi ternyata enggak semudah itu loh. Video yang di bawah ini juga mengajarkan cara istirahat saat kita sedang melakukan viparita karani.

Staff Pose

Staff Pose

Pose yang dikenal juga dengan nama dandasana ini kelihatan gampang banget, karena kita cuma perlu duduk dengan kaki lurus ke depan dan menahan posenya selama 30 sampai 60 detik. Tapi ternyata pose yoga yang satu ini punya manfaat yang oke banget loh, seperti memperkuat otot punggung, meregangkan dada dan pundak, dan memperbaiki postur kita. Untuk lebih lanjutnya, kita bisa lihat video di bawah ini.

Cow-Face Pose

Cow Face Pose

Gomukhasana adalah pose yoga yang bisa dimulai dari pose dandasana di atas. Dari pose dandasana, bengkokkan lutut kita sampai kita duduk dalam posisi sila, lalu masukkan kaki kanan ke bawah kaki kiri, dan bengkokkan tangan kita ke belakang seperti yang ada di video di bawah ini. Manfaat pose ini adalah untuk meregangkan pinggang, pergelangan kaki, pundak, trisep, dan dada.

Hero Pose

Hero Pose

Pose yoga terakhir yang akan kita bahas hari ini adalah virasana atau dikenal juga dengan hero pose. Pose yang satu ini cocok banget untuk mengistirahatkan kaki kita yang capek setelah aktivitas seharian, dan cara melakukannya juga enggak susah. Yang perlu kita lakukan cukup duduk berlutut, dan pelan-pelan geser tumit kita sampai ada di samping paha luar. Tapi, pastikan paha dalam kita tetap bersentuhan ya! Selebihnya, kalian bisa cek di video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *