Posted on

Yuk Kita Belajar Sejarah Telegram, Cara Komunikasi di Tahun 1900-an!

Di era modern sekarang ini, kita punya banyak banget cara buat komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Kita bisa ngobrol lewat SMS, Instant Messaging, atau bahkan telepon. Telepon sendiri juga macam-macam sekarang, bisa telepon biasa, Suara lewat Protokol Internet, atau bahkan panggilan video. Tapi jaman dulu, enggak begitu loh! Di era itu, kita kenal yang namanya telegram. Apa sih itu? Kalau enggak tahu, yuk kita cari tahu tentang sejarah telegram!

Kapan Sejarah Telegram Dimulai?

TELEGRAM NOT DEAD. STOP. | Ars Technica

Sebelum kita ngobrol tentang sejarah telegram, yang kita maksud di sini bukan aplikasi chat yang punya nama sama loh ya. Yang dimaksud di sini adalah surat kawat, yang cara kerjanya cukup ribet: berita atau surat yang isinya kombinasi kode. Kombinasi kode tadi nantinya dikirim lewat alat yang namanya telegraf. Cara komunikasi pakai telegram ini disebut telegrafi.

Secara konsep sih sebenarnya telegrafi sendiri bukan sesuatu yang baru, bahkan di tahun 1900-an. Konsep telegram sebenarnya adalah komunikasi jarak jauh yang menggunakan kode, jadi lewat konsep itu, semafor sendiri bisa dibilang sebagai salah satu bentuk telegrafi, tapi surat yang dikirim pakai burung bukan telegrafi.

Samuel Morse 1840.jpg

Sejarah telegram sendiri dimulai dengan lahirnya telegraf elektronik yang ditemukan oleh Samuel Morse (foto di kiri) sekitar tahun 1830-an, tapi butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya penggunaan telegram jadi sesuatu yang lumrah, yaitu di tahun 1920-an—sekitar 90-an tahun dari waktu penemuannya.

Waktu itu, telegram jadi pilihan karena waktu tempuhnya pendek banget! Waktu kirimnya kurang dari satu hari; kalau dibanding sama surat konvensional, waktu ini cepet banget. Belum lagi, waktu itu tarif telepon masih mahal banget, jadi banyak orang yang lebih memilih pakai telegram daripada pakai surat atau telepon.

Umur yang Enggak Lama

Puncak kejayaan telegram ada di tahun 1929, dan di tahun ini ada sekitar 200 juta telegram yang terkirim. Pada masanya, biaya telegram dihitung per karakter huruf termasuk tanda baca, jadinya banyak singkatan-singkatan yang sampai punya sebutannya sendiri: ‘telegram style”. Secara rata-rata, panjang telegram di Amerika adalah 11.93 kata, sementara di Inggris adalah 14.6 kata (78.8 karakter).

Sayangnya, saat telegram mulai sering dipakai oleh banyak orang, riset di bidang telekomunikasi juga jadi semakin cepat. Yang lucu, yang menghentikan sejarah telegram adalah pengembangan telegraf harmonis yang nantinya jadi telepon. Bahkan di era kejayaan telegram, telepon mulai mengambil alih dengan sekitar 2 juta manusia yang mulai menggunakan telepon di tahun 1900. Meski begitu, sampai tahun 1990-an, masih banyak kantor-kantor yang pakai teknologi telegrafi.

Sejarah Telegram di Era Modern

7 Permainan Multiplayer Seru yang Hanya Ada di Telegram Messenger ...

Sejarah telegram benar-benar berhenti di masa saat e-mail dan internet sudah semakin dikenal dan semakin banyak digunakan oleh banyak orang. Lagipula, kalau kita pakai e-mail dan aplikasi messaging yang lain, kita enggak perlu bayar per karakter juga, kan?

Meski telegram sekarang sudah jadi bayangan masa lalu, tapi nama telegram sendiri enggak serta merta menghilang loh. Seperti yang kita sempat bilang di atas, kalau sekarang sudah ada aplikasi instant messaging yang menggunakan nama telegram. Dengan begitu, sejarah telegram masih akan hidup di era modern (meskipun cara penggunaannya benar-benar berbeda).

Apa di antara kalian ada yang pernah pakai telegram? Kalau pernah, enggak usah malu-malu, yuk cerita tentang sejarah telegram yang pernah kalian alami langsung di Instagram kami!

 


AKTIVITAS


Kita sudah belajar tentang sejarah telegram di atas dan tahu kalau perkembangan telegram enggak bisa lepas dari kode morse. Di aktivitas kali ini, yuk kita sama-sama coba-coba kode morse kita sendiri! Ini dia caranya:

Pada dasarnya, kode morse dibagi dua jenis, kode panjang ( _ ) dan kode pendek ( . ). Kombinasi dua jenis kode ini yang nantinya bisa diubah menjadi huruf dan dikombinasikan jadi kata.

Banyak banget cara yang bisa kalian pilih untuk substitusi 2 kode ini, dan salah satu yang bisa kalian pilih adalah dengan pakai dua tangan. Untuk kode panjang, kalian bisa pakai tangan kanan, sementara kode pendek pakai tangan kiri.

Nah, daftar kombinasi kode untuk huruf-hurufnya itu seperti ini:

Setiap kalian lihat satu kode, kalian bisa angkat tangan yang sesuai. Misalnya ada 3 kode pendek berjajar, kalian angkat tangan kiri 3x. Kalau ada kode panjang, kode pendek, dan kode panjang, kalian angkat tangan kanan, turunkan, angkat tangan kiri, turunkan, dan angkat tangan kanan.

Yuk kita coba-coba berbicara pakai kode morse ini!