Posted on

6 Alasan Ini Pasti Bikin Kalian Mau Latihan Yoga Bersama Anak!

Yoga sebagai sebuah olahraga sebenarnya sudah cukup lama loh masuk ke Indonesia. Cuma, memang baru mulai terkenal di tahun 2015-an. Di tahun itu sendiri, Namaste Festival—sebuah festival yoga—yang biasanya cuma didatangi 500 pengunjung bisa didatangi sampai lebih dari 7000 orang! Tapi apa sih manfaat yoga? Dan ada enggak sih manfaat yoga bersama anak? Yuk, langsung saja kita lihat!

Yoga Bukan Olahraga Kompetitif

People, Woman, Yoga, Meditation, Fitness, Health

Banyak banget jenis olahraga kompetitif di dunia ini yang fokus tentang jadi yang terhebat dan jadi yang terbaik. Untungnya, yoga bukan jenis olahraga seperti itu. Malah, di yoga kita bisa belajar kalau tubuh setiap orang itu berbeda, dan setiap tubuh punya cara mereka sendiri-sendiri untuk melakukan sesuatu, dan enggak ada yang salah dari hal itu. Enggak ada yang lebih baik dari orang lain dalam yoga, karena kita semua sama-sama mempelajari tubuh kita masing-masing.

Yoga Mempromosikan Cinta Diri

Meditate, Meditation, Peaceful, Silhouettes, Sunset

Enggak cuma mengajarkan anak tentang olahraga yang non-kompetitif, manfaat lain yoga bersama anak adalah kita bisa mengajarkan anak kita untuk mencintai diri mereka sendiri. Yoga juga membuat si kecil bisa lebih mengerti tentang diri mereka sendiri dan apa yang mereka bisa lakukan. Pada akhirnya, saat si kecil sudah mampu mengetahui lebih banyak tentang diri mereka (baik fisik maupun mental), mereka bisa menjadi sosok yang lebih baik, hangat, dan bertanggung jawab.

Namaste

Namaste, Yoga, Meditation, Spiritual, Honoring, Hand

Dalam sesi latihan yoga, biasanya saat selesai instruktur akan mengucapkan “namaste” sambil mengatupkan dua tangan mereka. Banyak orang yang bingung, apa sih artinya “namaste”? Kalau secara harfiah, namaste berasal dari kombinasi kata “nama” dan “te”. Masing-masing, artinya adalah “membungkuk” dan “kamu”. Tapi maksud dari kata namaste ternyata lebih dari itu. Secara filosofis, “namaste” artinya mengetahui bahwa setiap makhluk harus dicintai dan masing-masing dari mereka punya keahlian masing-masing. Nah, ini adalah salah satu manfaat yoga bersama anak, sehingga mereka bisa menghargai orang lain.

Yoga Dapat Mempererat Hubungan Keluarga

Yoga, Adult, Asia, Exercise, Girl, Gymnastic

Salah satu manfaat yoga bersama anak adalah kita bisa mempererat hubungan keluarga antara kita sebagai orang tua dengan anak. Kenapa? Soalnya dalam yoga, kita akan belajar untuk menggabungkan gerakan kita dengan setiap tarikan nafas yang kita ambil. Tapi enggak cuma itu, kita juga akan belajar untuk berhubungan dengan diri kita sendiri dan orang lain.

Yoga Bisa Mengajarkan Anak Teknik-Teknik Menenangkan Diri

Yoga Pose, Silhouette, Person, Stand, Sunset

Biasanya anak-anak yang masih kecil punya beberapa senjata untuk menunjukkan rasa frustasi mereka yang menumpuk: menangis dan tantrum. Nah, ketika kita berlatih yoga bersama anak, mereka bisa belajar hal baru: bernafas dengan teknik yang tepat. Mungkin awalnya mereka enggak akan paham tujuan melakukan hal tersebut, tapi ketika mereka sadar kalau bernafas dengan baik bisa menenangkan mereka, mereka bisa menggunakan hal tersebut saat sedang kesal atau frustasi.

Yoga Membantu Kesehatan Mental si Kecil

Sun, Holding, Sunset, Yoga, Female, Nature, Girl

Masing-masing poin di atas ternyata kalau dijadikan satu, punya manfaat yang baik banget loh buat si kecil. Saat si kecil bisa melihat kelebihan mereka dan orang lain, dan mampu menenangkan diri mereka sendiri, besar kemungkinannya kalau mereka nantinya bisa jadi lebih positif dan optimis saat dewasa nanti. Mereka juga bisa terhindar dari rasa cemas, depresi, dan gangguan mental lainnya.

Nah, banyak banget kan ternyata manfaat yang bisa kita ambil dari latihan yoga? Tapi di mana kira-kira kalian bisa latihan yoga bersama anak? Di Jakarta sendiri, paling enggak ada 4 tempat kita bisa mengajak anak untuk yoga. Tempat-tempatnya adalah: