Posted on

Yuk Ikuti 3 Tips Mengurangi Sampah Makanan Ini!

Beberapa tahun terakhir, sampah makanan selalu jadi topik yang seru banget dan jadi perbincangan di banyak negara. Enggak cuma makanan terbuang sia-sia, hal yang satu ini juga ternyata bisa merusak lingkungan loh. Produksi gas rumah kaca yang disebabkan oleh makanan-makanan yang enggak termakan ini ada di posisi ke-3, di bawah Amerika dan China. Parah banget kan? Tapi kira-kira apa ya yang kita bisa lakukan untuk mengurangi sampah ini? Yuk sama-sama kita lihat!

Kurangi Sampah Makanan Dengan Rencana Belanja

Bananas, Fruits, Food, Grocery Store, Supermarket

Cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah makanan adalah dengan membuat rincian dan rencana makanan selama satu minggu. Dengan begini, kita enggak cuma bisa tahu apa saja yang harus kita beli, tapi juga bisa mengurangi pengeluaran dengan hanya membeli apa yang kita butuhkan untuk minggu itu saja. Untuk membantu, ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat rencana belanja kalian:

  • Rencanakan kapan kalian akan makan di luar rumah atau pesan makanan dari luar.
  • Tulis jumlah barang yang akan dibeli yang menuliskan berapa banyak bahan tersebut akan dipakai. Misalnya: pisang untuk membuat pisang goreng 2 kali.
  • Rencanakan masakan yang akan dibuat selama seminggu dan buat daftar rencana belanja dari resep itu untuk mengurangi sampah makanan.
  • Jangan lupa untuk periksa bahan-bahan di rumah agar kita enggak beli barang yang kita sudah punya atau masih punya stok lumayan banyak.
  • Jangan sampai tergoda diskon pembelian barang banyak dengan harga yang lebih murah, karena kalau enggak terpakai sama saja bohong.

Tips Penyimpanan Untuk Mengurangi Sampah Makanan

Shopping, Supermarket, Merchandising, Store, Shop, Food

Sering banget kita beli buah atau sayur kebanyakan, dan nantinya ini jadi masalah karena kita lupa simpan buah-buahan dan sayur tadi dengan cara yang benar. Nah, ini ada beberapa tips nih untuk menjaga sayur dan buah tetap segar! Apa saja ya?

  • Beberapa buah bisa mengeluarkan gas yang membuat buah atau sayur lain jadi busuk lebih cepat, seperti misalnya pisang, apel, dan tomat. Ketiga buah tadi harus disimpan sendiri.
  • Kalau kalian beli beri, jangan langsung dicuci. Beri akan lebih baik kalau dicuci sebelum dimakan agar enggak jamuran.
  • Kalau kira-kira belum akan mengonsumsi sayur atau buah yang dibeli, kita bisa menyimpannya di freezer. Sayuran bisa tahan sekitar 18 bulan di dalam freezer, sementara buah bisa tahan sampai 1 tahun. Bisa disimpan lebih lama, tapi kualitasnya akan turun.

Mengurangi Sampah Makanan Dengan Tips Berhemat

Supermarket, Stalls, Coolers, Market, Food, Fresh, Shop

Kadang kita sering banget lupa kalau kita masih punya bahan-bahan makanan sebelum belanja. Kali ini, kita akan bagi-bagi tips nih untuk mengurangi sampah makanan dengan cara berhemat!

  • Sebelum belanja, cek kulkas atau tempat penyimpanan lainnya dulu! Jangan sampai kita beli bahan makanan yang kita masih punya!
  • Kalau masih punya sisa makanan, kita bisa simpan dan panaskan untuk makan berikutnya.
  • Kalau bosan dengan makanan sisa, kita juga bisa jadi lebih kreatif dengan membuat makanan baru dari makanan sisa. Beberapa hal yang sempat kepikiran adalah membuat smoothies, frittata, atau sup.
  • Saat sedang makan di restoran, minta bungkus kalau kita tidak bisa menghabiskan suatu menu.

 

Nah itu tadi 3 tips utama yang bisa kita lakukan kalau kita mau mengurangi sampah makanan di rumah. Ada enggak yang sudah mulai melakukan hal-hal di atas? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang! Soalnya dengan begitu, kita juga bisa menghemat pengeluaran loh!