Posted on

Yuk Intip 5 Aktivitas Idul Fitri yang Bisa Kita Lakukan Tahun Ini

Wah sekitar seminggu lagi, umat Muslim yang menjalankan puasa Ramadhan bakal merayakan Idul Fitri nih! Kira-kira aktivitas Idul Fitri apa ya yang bisa kita lakukan bersama si kecil di libur yang cukup panjang ini? Yuk kita lihat beberapa ide aktivitas yang kami berhasil temukan!

Membuat Kartu Ucapan

Moon, Lunar, Night, Nighttime, Stars, Starry, Blue, Sky

Salah satu aktivitas Idul Fitri yang biasa dilakukan kebanyakan orang adalah membuat ucapan selamat hari raya untuk teman-teman terdekat. Nah, mumpung masih ada satu minggu sebelum Idul Fitri, kita bisa mulai menyiapkan kartu ucapan untuk dibagikan. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat ucapan adalah:

  • Menulis ucapan selamat Idul Fitri dengan berbagai bahasa
  • Mengambil foto atau memilih gambar untuk kartu ucapannya
  • Menyiapkan daftar penerima kartu ucapan

Kalian bisa membuat kartu ucapan ini pakai cara tradisional, atau bisa juga dengan format digital! Kalau kalian membuat ucapan digital, kalian juga bisa membantu Bumi dengan mengurangi penggunaan kertas, loh!

Membuat Gantungan Gaya Idul Fitri

Aktivitas Idul Fitri lainnya yang bisa kalian lakukan adalah untuk membuat gantungan dan dekorasi rumah yang punya gaya-gaya Idul Fitri. Ide aktivitas ini didapat dari Martha Stewart, dan di websitenya dia memberi contoh bentuk bintang dan bulan sabit. Tapi kalau kalian mau bikin sesuatu yang lebih bergaya Idul Fitri, kalian bisa juga membuat gantungan dengan bentuk ketupat. Tapi hati-hati ya, soalnya aktivitas yang satu ini butuh sedikit keahlian menjahit, jadi kita sebagai orang tua yang harus menjahit, daripada si kecil tertusuk jarum?

Membuat Bingkisan Snack Lebaran

Ide buat aktivitas Idul Fitri yang satu ini lagi-lagi didapatkan dari Martha Stewart. Aktivitas yang satu ini bisa digabungin dengan aktivitas pertama kita: membuat kartu ucapan. Yang kita butuhkan buat aktivitas yang satu ini adalah tabung karton yang nantinya bakal kita isi berbagai macam biskuit, permen, dan jajanan lainnya yang muat di dalam tabung tadi.

Mewarnai Gambar Idul Fitri

DIY Eid Coloring Favors

Ide aktivitas Idul FItri kita yang berikutnya disediakan oleh Tay on the Move. Idenya simpel: anak kita bisa mewarnai sementara kita sibuk menelpon anggota keluarga lain yang enggak bisa kita kunjungi di Idul Fitri tahun ini. Tapi enggak cuma itu! Kalau kita berlangganan mailing list-nya Tay, kita bisa dapat halaman mewarnai yang bisa dibagi 4, jadi kita bisa bagikan ke orang-orang yang baru selesai sholat Idul Fitri di Masjid.

Melihat Bulan di Malam Idul Fitri

Aktivitas kita yang terakhir adalah untuk melihat bulan di malam Idul Fitri, soalnya biasanya Idul Fitri terjadi di malam bulan baru. Jangan lupa buat siap-siap cemilan ya selama kalian menunggu bisa melihat bulan atau enggak!

 

Nah, itu tadi 5 aktivitas Idul FItri yang bisa kalian lakukan buat Idul Fitri tahun ini. Kalian punya aktivitas tahunan yang harus dilakukan pas Idul Fitri apa enggak? Kalau ada, yuk bagi-bagi dan cerita tentang aktivitas kalian di Instagram kita!