Posted on

Yuk Intip Beberapa Organisasi Pecinta Lingkungan yang Ada di Indonesia!

Kemarin kita sudah bilang kenapa penting banget kita tahu pentingnya memperhatikan dan menjaga lingkungan sekitar kita, dan mungkin beberapa dari kita bingung apa yang bisa kita lakukan untuk membantu lingkungan kita. Tapi enggak perlu khawatir! Hari ini, sambil merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yuk kita lihat organisasi pecinta lingkungan yang ada di Indonesia!

World Wide Fund for Nature (WWF)

Dana Dunia Untuk Alam - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sesuai namanya, WWF adalah organisasi yang berpusat di Swiss yang tujuan gerakannya adalah untuk melakukan konservasi lingkungan hidup di berbagai negara. Saat ini, upaya konservasi yang mereka lakukan adalah:

  • Iklim dan Energi
  • Kehutanan, Air Tawar, dan Spesies
  • Kelautan
  • Pengembangan dan Keberlanjutan
  • Menghentikan perdagangan ilegal satwa

Kalau kalian tertarik untuk bergabung dengan organisasi yang satu ini, kebetulan mereka punya program sukarelawan bagi mereka yang benar-benar mau membantu lingkungan hidup kita sebagai manusia. Kalian bisa mendaftar di sini.

Greenpeace

Krisis Lingkungan, Iklim dan Transisi Energi yang…

Greenpeace adalah organisasi pecinta lingkungan yang pusatnya ada di Belanda dan memiliki anggota di hampir seluruh bagian dunia. Fokus Greenpeace adalah pada lingkungan flora terutama hutan. Salah satu kampanye yang masih giat mereka lakukan adalah kampanye Hutan Tanpa Api yang dimulai dari tahun 2016 dengan tujuan mencegah titik api dan menginvestigasi potensi kebakaran hutan. Kalau kalian tertarik sama organisasi yang satu ini, kalian bisa cari tahu bagaimana kalian bisa membantu lewat link ini.

Marine Buddies

Marine Buddies by Yayasan WWF Indonesia

Marine Buddies adalah salah satu organisasi pecinta lingkungan yang ada di bawah paying WWF. Peran mereka adalah untuk memperhatikan kesehatan laut dan pantai. Marine Buddies adalah sebuah komunitas yang dipenuhi oleh orang-orang yang mencintai isu kelautan dan paham kalau laut adalah bagian penting dari hidup manusia. Marine Buddies punya banyak cabang di Indonesia, dan hampir semuanya bisa kalian temukan di Instagram, kalian cuma perlu mencari mana yang dekat daerah kalian.

Borneo Orangutan Survival Foundation

Adult, Animal, Ape, Face, Hair, Hairy, Jungle, Male

Seperti namanya, organisasi pecinta lingkungan yang satu ini terfokus kepada penyelamatan orangutan yang ada di Kalimantan. Dengan banyaknya kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan, habitat orangutan juga semakin berkurang, dan mereka berada dalam bahaya. Lewat website mereka, kita bisa memberi bantuan dengan berbagai macam cara, mulai dari mengadopsi orangutan sampai memberikan donasi untuk tenaga operasional mereka.

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI)

Yayasan Kehati | AOI Website - Welcome

Organisasi pecinta lingkungan terakhir yang akan kita lihat adalah KEHATI yang telah berdiri sejak 12 Januari 1994. Tujuan awalnya adalah untuk mengumpulkan dan mengatur sumber daya yang nantinya akan dibagikan dalam bentuk grant, fasilitasi, konsultasi, dan fasilitas-fasilitas lain yang tujuannya untuk melakukan konservasi terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia agar dapat digunakan secara adil dan berlanjut. Fokus utama mereka ada pada 3 ekosistem: Kehutanan, Pertanian, dan Kelautan. Kalau organisasi yang satu ini kedengaran seperti apa yang kalian suka, kalian bisa bergabung lewat link ini.

 

Nah itu tadi adalah 5 organisasi pecinta lingkungan yang cukup besar dan dengan senang hati akan menerima bantuan dari kita. Tentu saja masih banyak organisasi-organisasi yang lainnya, atau bahkan kadang-kadang beberapa kampus punya organisasi mereka masing-masing. Sekarang tergantung kalian, organisasi mana yang akan kalian bantu?