Posted on

Yuk Kenalan Dengan (Mantan) Planet Pluto!

Mungkin beberapa dari kita ada yang sempat merasakan masa di mana Pluto masih jadi bagian dari tata surya kita bersama 8 planet lainnya termasuk Bumi. Tapi di tahun 2006, Pluto kehilangan statusnya sebagai planet! Kenapa ya kira-kira? Hari ini, yuk kita sama-sama mengenal lebih jauh tentang planet Pluto!

Penemuan Planet Pluto

Telescope, By Looking, View, Optics, Vision, Overview

Fakta tentang planet Pluto kita yang pertama membawa kita mundur ke tahun 1930, tahun di mana Pluto pertama kali ditemukan oleh seorang astronom dari Amerika Serikat bernama Clyde Tombaugh. Uniknya, sampai hari ini Pluto masih belum menyelesaikan revolusinya mengitari Matahari, karena satu tahun di Pluto adalah 247.68 tahun di Bumi.

Siapa yang Memberi Nama Planet Ini?

Tapi dari mana sih nama “Pluto” itu sendiri? Saat itu, observatorium Lowell yang punya hak untuk memberi nama planet ini menerima lebih dari 1.000 usulan nama, tapi nama yang akhirnya dipakai adalah usulan dari Venetia Burney, yang saat itu baru berumur 11 tahun. Nama planet Pluto ia ambil dari legenda Dewa dunia bawah mitologi Roma. Nama tersebut dipilih setelah ada pengambilan suara 3 nama terpilih: Minerva, Cronus, dan Pluto. Pluto berhasil menang dengan telak. Alasan Pluto bisa menang adalah karena dua huruf di depan nama Pluto sama dengan inisial Percival Lowell, pendiri observatorium Lowell.

Alasan Pluto Dikeluarkan dari Planet di Tata Surya

Solar System, Sun, Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter

Menurut Persatuan Astronomi Internasional (IAU), ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar benda angkasa bisa dikategorikan sebagai planet, yaitu:

  1. Memiliki orbit mengitari Matahari
  2. Punya masa yang cukup dan berbentuk hampir bulat
  3. Punya gravitasi yang cukup dan bisa membersihkan “lingkungan” sekitarnya.

Sayangnya, planet Pluto cuma memenuhi 2 persyaratan tadi: bentuknya bulat dan orbitnya mengelilingi matahari. Untuk syarat nomor 3, sayangnya Pluto masih belum “membersihkan” puing-puing angkasa yang ada di sekitarnya.

Meskipun Bukan Lagi Planet di Tata Surya, Planet Pluto Punya Banyak Bulan

Tree, Cat, Silhouette, Moon, Full Moon, Nature, Night

Sejak tahun 2006, status dari planet Pluto diturunkan menjadi planet kerdil. Tapi meskipun sudah jadi planet kerdil, ternyata Pluto punya lebih banyak bulan dibandingkan Bumi loh! Sampai saat ini, ada 5 bulan yang kita ketahui adalah milik Pluto. Bulan-bulan tersebut bernama:

  1. Charon, bulan terbesar yang diameternya hanya setengah planet Pluto. Namanya diambil dari mitologi Yunani kuno tentang pendayung perahu yang mengantar jiwa-jiwa orang yang telah meninggal ke  dunia bawah.
  2. Styx, namanya diambil dari mitologi Yunani tentang sungai Styx yang menjadi batas antara Bumi dan dunia bawah.
  3. Nyx, namanya diambil dari nama Dewi malam di mitologi Yunani. Nyx dikenal juga sebagai salah satu dari beberapa Dewa Permulaan di mitologi tersebut.
  4. Kerberos, nama dari anjing neraka yang menjadi peliharaan Hades.
  5. Hydra, monster dari mitologi Yunani yang terkenal karena menjadi salah satu musuh di adaptasi Hercules milik Disney.

Pluto Pernah Dikunjungi Oleh Benda Bumi!

File:New Horizons spacecraft model 1.png

Pada tahun 2015, meskipun saat itu planet Pluto sudah kehilangan status planetnya, Pluto dikunjungi oleh New Horizons, wahana antariksa tanpa awak dari Bumi yang bertujuan untuk mengetahui kondisi luar angkasa yang amat jauh dari Bumi. Karena New Horizons juga, kita akhirnya tahu bahwa ukuran Pluto tidak sekecil yang dikira orang-orang.

Nama Pluto Diabadikan Oleh Walt Disney

Pluto, Disneyland, Theme Park, Entertainment, Paris

Mungkin lebih banyak orang-orang yang mengenal nama Pluto dari karakter dari kartun Disney: anjing peliharaan Goofy. Tapi ternyata, nama itu diambil saat penemuan planet Pluto sudah menjadi bahan obrolan orang-orang. Beberapa animator dari Disney sendiri mengira Walt Disney sengaja memilih nama Pluto agar banyak orang yang membicarakannya.

 

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang (mantan) planet Pluto. Banyak banget yang masih belum diketahui tentang planet kerdil yang pernah jadi bagian keluarga tata surya ini. Harapannya, New Horizons yang sempat mengambil foto Pluto akan menjadi langkah pertama kita untuk bisa menjelajah luar angkasa!