Posted on

Yuk Kita Sama-Sama Meningkatkan Empati Anak Dengan 6 Cara Ini!

Salah satu kemampuan yang dimiliki manusia adalah empati, sebuah kemampuan yang membuat kita bisa merasakan perasaan orang lain. Untuk si kecil, kemampuan ini sebenarnya bisa tumbuh dengan sendirinya, tapi ternyata ada cara loh untuk meningkatkan empati anak! Kalau si kecil punya empati yang tinggi, nantinya mereka bisa lebih mudah untuk sukses dan bahagia, jadi yuk kita lihat saja cara-caranya!

Bicarakan Tentang Perasaan

Smiley, Emoticon, Anger, Angry, Anxiety, Emotions

Salah satu hal untuk meningkatkan empati anak adalah dengan memberi tahu mereka tentang berbagai macam emosi dan perasaan agar mereka bisa mengerti tentang hal-hal tersebut. Cara yang cukup oke untuk melakukan ini adalah dengan membicarakan perasaan yang muncul di film, buku, atau orang-orang sekitar.

Oh iya, yang enggak kalah penting adalah kita juga harus membuat anak kita tahu perasaan mereka sendiri! Saat mereka kelihatan bahagia, kita bisa mengatakan ke mereka kalau mereka terlihat bahagia; begitu juga saat mereka sedih.

Ajarkan Untuk Merasakan Emosi

Sad, Child, Boy, Kid, Crying, Tears, Sadness, Mood

Langkah berikutnya untuk membantu meningkatkan empati anak adalah untuk mengajarkan mereka cara membaca emosi lewat kontak mata dan ekspresi wajah. Kita enggak harus mengajarkan ini dengan cara memperhatikan orang di sekitar saja loh, kita bisa juga mengajarkan ini lewat menonton film animasi. Apalagi animasi jaman sekarang sudah bisa menggambarkan ekspresi wajah yang bagus banget.

Ajarkan Mereka Berbuat Baik

Hand, Bouquet, Fence, Gift, Give, Congratulate

Setelah kita mengajarkan tentang perasaan dan cara membaca raut wajah seseorang, berikutnya adalah tentang bagaimana bereaksi terhadap perasaan tersebut. Misalnya saat kita sedang menonton film dan ada karakter yang sedih, kita mungkin bisa bertanya apa yang akan si kecil lakukan. Dengan begitu, saat si anak melihat teman-temannya yang sedih mereka bisa tahu apa yang harus mereka lakukan berikutnya.

Hargai Perbuatan Baik Mereka

Thumbs Up, Success, Approval, Yes, Boy, Man, Handsome

Kadang-kadang, kita cuma mau memuji anak kita kalau mereka dapat nilai yang bagus, tapi kalau kita mau meningkatkan empati anak, itu saja enggak cukup. Mulai sekarang, kita harus bisa menghargai setiap kali anak berbuat baik (ke kita maupun ke orang lain). Dengan begitu, si kecil bisa melihat kalau mereka adalah orang yang baik, dan perbuatan mereka akan mulai menyesuaikan hal tersebut.

Jadilah Contoh yang Baik

Children, Face, Redhead, Freckles, Security, Barrette

Sama seperti hal lain, anak-anak akan belajar lebih cepat jika kita sebagai orang tua mencontohkan hal tersebut juga. Cara paling mudah adalah dengan menunjukkan empati ke mereka, tunjukkan kepada mereka kalau kita peduli dan bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Tapi enggak cuma itu, mungkin bisa juga dengan membantu orang tua kita kalau kita bisa.

Ajarkan Perbedaan Kepada Anak

Hand, United, Together, People, Unity, Team, Teamwork

Cara terakhir untuk meningkatkan empati anak adalah dengan mengajarkan mereka bahwa di luar sana, banyak orang-orang yang berbeda dengan diri mereka. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari membaca buku, menonton film, makan di restoran khas daerah tertentu, atau bahkan dengan menjadi sukarelawan.

 

Nah itu tadi 6 hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan empati anak. Tentu saja masih banyak cara-cara lainnya, tapi 6 cara ini adalah cara yang menurut kami cocok banget untuk diajarkan di rumah.