Posted on

Yuk Kita Telusuri Sejarah Telepon Dari Awal! Ada Ponsel yang Beratnya 10 Kilogram Loh!

Di era modern ini, kita sudah enak banget kalau enggak bisa ketemu tinggal ambil ponsel buat panggilan video atau panggilan biasa, tapi dulu bisa pakai telepon saja sudah dihitung mewah loh! Enggak percaya? Yaudah, yuk kita ambil mesin waktu kita dan lihat sejarah telepon dari awal pertama diciptakan sampai sekarang!

Telepon pertama, sumber: Smithsonian

1876 — Sejarah telepon pertama kali dimulai di tahun ini dengan kemenangan Alexander Graham Bell terkait paten telepon itu sendiri. Perjuangan untuk memenangkan paten telepon sendiri enggak gampang, karena di tahun 1849 Antonio Meucci digadang-gadang sebagai penemu asli telepon.

1915 — Untuk pertama kalinya, Bell membuat panggilan jarak jauh di bulan Januari.

1927 — Jasa telepon mulai dibangun dari Amerika ke Inggris di bulan Januari tahun 1927, dan saat itu masih menggunakan teknologi radio. 3 menit menggunakan telepon di masa itu memakan biaya sekitar 10 Dollar, yang kalau dikonversi ke saat ini sekitar lebih dari 2 juta rupiah.

1930-an — Sejarah telepon mencatat munculnya telepon modern yang didesain only Henry Dreyfuss: Model 302. Di tahun yang sama, AT&T membuat videotelephone yang diberi nama Iconophone. Penemuan ini cukup keren loh, karena mirip banget dengan panggilan video jaman sekarang.

1965 — AT&T akhirnya sadar kalau mereka bisa jual telepon langsung ke masyarakat. Di tahun ini juga desain telepon jadi semakin ramping, dan touchpad mulai digunakan. Tombol untuk * dan # juga ditambahkan.

1977 — Sejarah telepon yang cukup penting berikutnya terjadi di tahun 1977, saat FCC mengumumkan mereka mulai melakukan uji coba jaringan seluler. Di tahun ini juga monopoli AT&T terhadap monopoli desain telepon dihapuskan, dan mulai banyak desain telepon yang kreatif.

1980-an — Sejarah telepon mulai bergerak ke arah ponsel, karena di tahun 1981 Jepang meluncurkan jaringan seluler pertama mereka yang disebut 1G. Di tahun 1982, Nokia merilis “ponsel” pertama mereka bernama Senator. Beratnya 10 kilogram, tapi bisa dibawa kemana-mana, jadi masih bisa disebut ponsel sih. Di tahun 1983, baru Motorola berhasil membuat sesuatu yang bisa dikategorikan ponsel, DynaTAC 8000X yang punya julukan “The Brick” atau “Batu Bata”.

1992 — Enggak mau kalah dari Motorola, di tahun 1992 Nokia mengeluarkan ponsel jenis baru: Nokia 1011, ponsel yang bisa pakai GSM atau 2G. Beratnya juga cuma 500 gram, dan pakai LCD monokrom.

1994 — IBM juga enggak mau kalah dan menuliskan nama mereka di sejarah telepon dengan nenek moyang smartphone: Simon. Simon punya banyak banget fitur yang maju di jamannya, seperti layar sentuh dan aplikasi seperti kalkulator, notepad, dan banyak lagi. Meskipun cuma dijual selama 6 bulan, ada 50.000 unit Simon yang terjual.

1996 – 1999Setelah ponsel yang enteng, era berikutnya adalah eranya communicator dimulai dengan communicator-nya Nokia. Tapi seakan enggak mau kalah, RIM (yang nantinya jadi BlackBerry) mengeluarkan produk yang namanya RIM 850 yang lebih kecil tapi enggak punya kemampuan untuk menelepon.

2000 — Nokia mengeluarkan produk legendarisnya: Nokia 3310. Tapi di belahan dunia lain, di Jepang, Sharp merilis produk baru di seri J yang namanya J-SH04. Ponsel ini jadi ponsel pertama yang punya kamera digital, meskipun resolusinya baru 0.11 megapiksel.

2004 – 2010 — Di tahun 2004, Motorola mengeluarkan produk terlarisnya: Razr V3 yang sudah bisa menggunakan teknologi 3G dan kamera VGA. Di tahun 2007, sejarah telepon bergerak ke arah baru dengan munculnya iPhone yang juga mempopulerkan layar sentuh di masanya. Generasi ke-2 iPhone juga muncul di tahun 2008 yang bernama iPhone 3G. Di tahun 2009, muncul juga BlackBerry Curve yang mengubah cara orang berkomunikasi dengan aplikasi bawaannya: BlackBerry Messenger.

2010 ke atas — Sejarah telepon enggak pernah sama lagi sejak BlackBerry Messenger dan iPhone. Samsung memulai ekspansinya dengan menggunakan sistem operasi Android, dan digabung dengan pengembangan WhatsApp semakin mengubah cara orang-orang berkomunikasi.

Amazon.com: Samsung Galaxy Fold SM-F900 Single Sim 512GB 12GB RAM ...

Di masa depanPerkembangan sejarah telepon belum akan berhenti. Mulai banyak juga kompetitor yang siap melawan iPhone dan Samsung. Kita sekarang punya Gaming Smartphone dari ASUS yang diberi nama Black Shark yang dikhususkan untuk gamer, dan mulai ada juga smartphone yang bisa dilipat. Seiring era berjalan, inovasi telepon akan terus berkembang, dan mungkin nantinya bentuknya enggak lagi seperti ponsel yang kita tahu; Google Glass, misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *