Posted on

Yuk Nostalgia Seragam Sekolah SMA di Indonesia dari Masa ke Masa!

Kalau kita ngomongin tentang sekolah, hal yang enggak lepas dari kehidupan sekolah kita maupun si kecil adalah seragam sekolah! Warna yang dipilih untuk seragam yang kita pakai dari SD ternyata punya artinya sendiri-sendiri loh! Arti-artinya adalah:

  • Untuk siswa SD, warna putih dan merah dipilih karena melambangkan energi dan keberanian yang diharap dimiliki oleh para siswa saat belajar di sekolah.
  • Seragam SMP yang punya motif bawahan berwarna biru menggambarkan komunikasi dan percaya diri, karena diharapkan masa-masa SMP adalah masa para siswa untuk mengembangkan percaya diri mereka.
  • Seragam SMA/SMK dengan corak abu-abu menggambarkan ketenangan dan kedewasaan, karena di tingkat ini para siswa dianggap sudah mulai dewasa.

Kebetulan kita sedang ngomongin seragam sekolah, gimana kalau hari ini kita main dengan mesin waktu sedikit sambil nostalgia dan lihat gimana sih tampilan seragam anak SMA di Indonesia dari masa ke masa? Yuk, langsung aja kita nyalakan mesin waktu dan mundur ke tahun 70-an!

Seragam Sekolah SMA Era 60-an

Mengintip Evolusi Seragam SMA Cewek dari Generasi Kartini Sampai Generasi Micin

Enggak banyak yang bisa kami temukan tentang seragam sekolah anak-anak SMA di tahun 1960-an, tapi kami berhasil menemukan foto siswi-siswi yang sekolah di sekolah swasta Saint Thomas di tahun 1962-1967. Kalau dilihat dari foto yang satu ini sih, kayaknya rok yang dipakai sudah berwarna ya?

Seragam SMA Tahun 70-an

foto: istimewa

Sekolah Saint Thomas sudah punya rok berwarna di tahun 60-an, tapi ternyata di tahun 70-an, seragam sekolah yang bisa kita temukan di era itu adalah kemeja putih panjang (yang kayaknya dilipat sampai siku) dan bawahan putih! Atau mungkin, itu cuma efek foto karena di tahun itu kita belum bisa bikin foto berwarna kali ya?

Seragam SMA di Tahun 80-an

Gita Cinta Dari SMA 1979 Siapa yang... - KOMUNITAS PECINTA FILM ...

Di akhir tahun 1970-an, ada film yang cukup terkenal judulnya Gita Cinta dari SMA. Film ini punya peran besar dalam gaya seragam sekolah anak SMA di masa itu: kemeja putih yang lengannya sampai sikut yang dimasukkan ke dalam rok abu-abu atau celana abu-abu cutbray. Oh iya, di era ini kaus kaki yang dipakai murid-murid SMA juga panjang banget loh, sampai betis!

Seragam SMA Era 90-an

Enggak banyak perubahan seragam sekolah SMA dari tahun 80-an, tapi kayaknya di era ini kelengkapan atribut seragam mulai jadi sorotan, mulai dari topi, dasi atau pita bagi sekolah yang pakai, sampai ikat pinggang. Di era ini juga kaus kaki yang digunakan mulai jadi lebih pendek. Biasanya mereka cuma sampai di atas mata kaki.

Era 2000-an

Throwback Movie: Nostalgia 'Ada Apa Dengan Cinta?' yang Dirilis 17 ...

Di era 2000-an, ada film yang benar-benar jadi inspirasi gaya seragam sekolah waktu itu: film berjudul Ada Apa Dengan Cinta. Film ini booming banget di masanya, dan sedikit banyak mulai mengubah gaya anak-anak SMA memakai seragam. Di film itu, digambarkan kalau beberapa karakter-karakternya  enggak lagi memasukkan kemejanya ke rok atau celana, dan beberapa dari mereka bahkan mulai pakai bawahan yang agak ketat.

Era 2010 ke Atas

Model seragam sekolah pelajar Indonesia dari masa ke masa

Masih banyak banget murid-murid yang menjadikan gaya AADC sebagai panutan gaya seragam sekolah mereka di era 2010 ke atas. Belum lagi, mulai banyak film atau sinetron lokal yang juga mengambil setting di SMA. Meskipun begitu, kadang beberapa sekolah mulai cukup ketat tentang kelengkapan atribut, sampai-sampai mereka bisa menghukum murid yang enggak pakai atribut lengkap.

 

Nah itu tadi beberapa foto dan gambaran tentang seragam sekolah SMA di Indonesia dari masa ke masa. Kalian dari era yang mana? Apa yang ditulis di sini akurat enggak? Atau mungkin, kalian malah mau menambahkan gaya seragam yang unik dan cuma ada di sekolah kalian? Boleh banget! Yuk mampir ke Instagram kita dan cerita di sana!

 


AKTIVITAS


Kita baru saja selesai nostalgia seragam sekolah di masa-masa kita SMA, gimana kalau berikutnya kita ambil foto keluarga dengan pakai seragam? Tapi itu kalau kita masih bisa menemukan seragam kita loh ya! Kalau enggak, mungkin kita bisa ambil buku tahunan kita dari SD sampai SMA dan cerita ke si kecil tentang seragam kita di masa itu!